Indonesia
Produk konsumen

Terus menyusui

Jika Anda memberikan ASI eksklusif selama enam bulan dan berencana untuk melanjutkannya, akan ada perubahan pada ASI dan payudara Anda.

Ukuran payudara Anda akan tetap sama dari satu hingga enam bulan saat Anda menyusui, tetapi jumlah jaringan payudara berkurang secara signifikan antara enam dan sembilan bulan, meskipun hanya ada sedikit penurunan dalam hal produksi ASI.

Pada saat mencapai 15 bulan produksi ASI (laktasi), payudara Anda akan kembali ke ukuran seperti sebelum kehamilan.

Saat bayi mulai mengonsumsi makanan padat, permintaan ASI akan menurun, sehingga Anda pun memproduksi lebih sedikit ASI.

Mengosongkan ASI

Meskipun ASI tidak perlu dikosongkan untuk mengenyangkan kebanyakan bayi, tetapi tetap disarankan untuk mengosongkannya. Hal tersebut akan mencegah komplikasi berupa rasa sakit, saluran yang tersumbat, dan peradangan.

Menyusui sesuai permintaan

Jika bayi Anda tumbuh dengan normal, Anda tidak perlu khawatir harus mengikuti kebiasaan rutin menyusui. Bayi Anda akan memberi tahu kapan saatnya makan dan apakah diperlukan salah satu atau kedua payudara untuk satu kali proses menyusu.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.

Produk terkait

Saran terkait