Indonesia
Produk konsumen

Tip unggulan untuk membantu bayi Anda tidur

Anda beruntung apabila anak Anda selalu tidur dengan nyenyak. Namun, ada kalanya anak perlu bantuan ekstra pada waktu tidur dengan pelatihan tidur bayi.

Bayi yang baru lahir

Bayi yang baru lahir yang lebih sering gelisah dapat merasa tenang dengan sentuhan kulit dan pelukan.

Bayi baru lahir menganggap gerakan terasa amat menenangkan. Bagi bayi yang gelisah, cobalah menimangnya perlahan dalam pelukan Anda, di kereta bayi, atau dalam penggendong bayi. Mengisap juga amat menenangkan, jadi cobalah untuk menyusui atau memberinya empeng.

Monitor

Monitor bayi membantu Anda mendengar suara bayi dari ruangan lainnya. Jadi anak dapat tidur dengan tenang tanpa Anda harus menengoknya dari waktu ke waktu. Beberapa monitor memiliki termometer bawaan untuk memberi tahu apabila kamar menjadi terlalu panas atau dingin. Penting untuk menjaga bayi tidak terlalu kepanasan saat tidur. Apabila bayi Anda semakin besar (dan tidur dengan berisik), sesuaikan kepekaan pada monitor. Anda tidak akan mendengar semua suara, namun Anda akan tahu saat si kecil memerlukan Anda.

Menenangkan diri sendiri

Lihat apakah Anda bisa meninggalkan si kecil sendiri setelah beberapa minggu pertama. Letakkan bayi di ranjang bayi dalam keadaan mengantuk, dan semoga anak Anda akan beranjak tidur tanpa merengek. Jika mereka merengek, Anda tidak perlu kembali untuk menenangkannya hingga waktunya menyusui, namun apabila ia semakin rewel, kembali ke kamar untuk menenangkannya.

Nina bobo

Nina bobo dapat menenangkan bayi hingga tertidur kembali, dan Anda dapat bernyanyi atau memutar lagu nina bobo melalui unit orang tua, apabila monitor memiliki fitur ini. Fungsi bicara kembali membuat Anda dapat menenangkan bayi tanpa harus pergi ke kamar. Ini sangat berguna untuk pelatihan tidur bayi serta membuat bayi tahu Anda akan menghampiri mereka.

Lampu malam

Lampu malam umumnya membuat bayi nyaman, dan berguna saat memeriksa bayi dalam keadaan gelap. Anda dapat menggunakan lampu malam di monitor Anda. Hal ini tidak akan mengganggu bayi.

Kantung tidur

Kantung tidur bayi adalah alternatif yang baik, karena bayi tidak akan bisa meronta keluar. Terdapat beragam kantung tidur untuk semua musim dan menjaga bayi tetap berada dalam suhu yang pas saat tidur.

Rutinitas waktu tidur

Bayi dan orang tua akan merasakan manfaat rutinitas waktu tidur dalam waktu sekitar dua hingga tiga bulan ke depan. Menjelang malam, coba mandikan, pijat sebentar, dan susui serta nyanyikan nina bobo. Dari sekitar usia enam bulan, bacakan cerita dan berikan mungkin boneka beruang atau kelinci untuk teman tidurnya.

Makan siang hari

Dorong bayi Anda agar tidur lebih lama pada malam hari dengan menyusuinya secara sesuai dan berkala pada siang hari. Pada malam hari, biarkan cahaya tetap redup, hindari terlalu banyak stimulasi dan ganti popok bayi bila perlu.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.

Produk terkait

Saran terkait