Indonesia
Produk konsumen

Masalah saat menyuapi batita

Rewel saat makan adalah salah satu masalah paling umum saat memberi makan bayi. Namun, Anda pasti senang mengetahui bahwa bersikap rewel saat makan hanyalah sebuah tahapan yang akan dilewati dalam perkembangan batita Anda.

Beberapa batita lebih rewel daripada yang lain. Anak yang sangat rewel saat makan mungkin ada dalam keluarga yang memiliki dua anak atau lebih. Bahkan dalam kasus ketika orang tua memperlakukan semua anak mereka dengan sama, satu batita mungkin terlihat rewel ketika makan. Sementara beberapa orang tua memiliki batita yang terus makan dengan baik selama tahapan ini, dan kerap kali tidak menyadari adanya tahapan perkembangan ini.

Namun, jika Anda adalah ibu dari batita yang sangat hati-hati ketika mencoba makanan baru, Anda mungkin merasa jengkel. Tapi ingatlah, bukan salah batita Anda bersikap hati-hati terhadap makanan baru, dan reaksi Anda bisa memperburuk situasi, seperti:

  • Mengharapkan anak Anda makan lebih banyak daripada yang dibutuhkan
  • Merasa cemas di waktu makan
  • Salah mengelola waktu makan
  • Mengharapkan berat badan batita Anda bertambah lebih banyak daripada pertambahan normal di usia sekarang

Tetapi ada berita bagus. Pola makan anak-anak prasekolah kerap kali meningkat pesat setelah mereka mulai makan bersama anak-anak lain di PAUD/TK atau sekolah.

Kiat bagi orang tua yang cemas bahwa batita mereka kurang makan

Bagan pertumbuhan

Mintalah profesional kesehatan untuk mengukur berat dan tinggi badan batita Anda secara akurat menggunakan timbangan yang dikalibrasi, lalu cantumkan catatannya di bagan pertumbuhan. Anda mungkin melihat bahwa anak Anda tumbuh dengan normal, dan makan dalam jumlah kecil sebenarnya sudah cukup.

Catatan harian makanan

Catat semua makanan dan minuman yang dikonsumsi batita Anda. Lalu minta ahli gizi memeriksa catatan itu untuk melihat apakah jumlahnya mencukupi dan mencari tahu apakah batita Anda memerlukan vitamin dan suplemen mineral untuk menutupi kekurangan yang ada.

Kenyang karena banyak minum

Periksa jumlah minuman yang dikonsumsi batita Anda. Beberapa batita lebih suka minum daripada makan dan merasa kenyang karena banyak minum. Sekitar enam hingga delapan minuman bertakaran 75 hingga 100ml sudah cukup. Jika Anda masih memberikan minuman dalam botol, batita Anda mungkin akan kenyang karena terlalu banyak minum dan tidak terlalu berselera makan.

Makan camilan

Beberapa batita menolak makan agar diberi camilan sebagai penggantinya, yang cenderung tinggi kandungan lemak, gula, dan garam. Batita tidak akan makan dengan benar jika diperbolehkan makan banyak camilan. Jadi, cobalah mengurangi camilan menjadi hanya dua per hari dan pastikan camilan tersebut bergizi - buah atau roti lapis kecil adalah pilihan yang sangat bagus.. B. Obst oder kleine belegte Brote.

Waktu makan

Batasi waktu makan hanya 20 hingga 30 menit dan selalu tawarkan satu makanan yang Anda yakin pasti akan dimakan oleh batita Anda.

Menangani perilaku yang sangat rewel saat makan

Penting untuk memiliki pendekatan yang konsisten saat makan. Jadi semua orang yang merawat anak Anda - termasuk kerabat dan penjaga anak - harus mengikuti rencana yang sama. Tidak seorang pun boleh mengancam atau memaksa anak Anda untuk makan makanan tertentu. Jika makanan yang ditawarkan pada waktu makan ditolak, singkirkan saja tanpa berkomentar. Dan jangan ganti dengan makanan lain sebelum waktu camilan atau makan berikutnya.

Strategi mudah untuk para orang tua

  • Tawarkan makanan dan camilan kecil di waktu yang sesuai
  • Untuk memulai, berikan makanan yang Anda tahu disukai oleh anak Anda
  • Tentukan batasan waktu makan, mis. 30 menit
  • Berikan banyak pujian, meskipun hanya sedikit sekali makanan yang dimakan
  • Ambil makan yang tidak dimakan tanpa berkomentar setelah selesai makan
  • Jangan membahas kebiasaan makan dan makanan anak Anda dengan orang lain di depan anak Anda
  • Jangan membujuk atau memaksa anak Anda untuk makan
  • Tetap tenang

Perilaku pilih-pilih makanan yang berkepanjangan

Sebagian kecil anak tidak keluar dari tahapan ini dan terus membatasi makanan yang mereka makan sepanjang masa kanak-kanak. Tetapi, jika anak Anda makan cukup banyak makanan yang mereka sukai untuk mempertahankan energi, dan mengonsumsi suplemen mineral dan vitamin untuk menutupi kekurangan yang ada, maka pertumbuhan mereka masih akan terus berlanjut dengan normal.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.

Produk terkait

Saran terkait