Indonesia
Produk konsumen
Philips AVENT - Makanan batita - diet seimbang

Makanan batita – diet seimbang

Batita menggunakan banyak energi, dan memerlukan nutrisi serta protein seimbang. Diet bervariasi dengan lima kelompok makanan akan memastikan bayi tumbuh sehat.

Philips AVENT - Makanan batita - diet seimbang

1. Roti, beras, kentang, pasta

Makanan bertepung, termasuk ketela dan chapatti, adalah sumber energi yang bagus dan harus menjadi bagian utama di setiap hidangan. Gabungkan antara tepung putih dan bulir penuh.

2. Buah dan sayuran

Semuanya mengandung vitamin, mineral, dan serat. Tawarkan buah pada sarapan dan sayuran serta buah pada jam makan utama lainnya. Batita, seperti orang dewasa, harus mengkonsumsi lima atau lebih porsi buah segar, kalengan, atau kering per hari.

3. Daging, ikan, telur, kacang, dan sumber protein non-susu lainnya

Ini juga mencakup makanan seperti kacang, lentil, dhal, dan tahu, yang kesemuanya menyedikan zat besi dan seng. Tambahkan makanan dari kelompok ini pada hidangan dua kali sehari dan sajikan ikan berminyak sekali atau dua kali per minggu.

4. Susu, keju, dan yogurt

Berikan makanan-makanan ini 3 sajian per sehari. Susu tetap penting, namun anak berusia lebih dari setahun memerlukan susu lebih sedikit dibanding bayi. 3 cangkir susu sekitar 80-100 ml sudah cukup. Namun, beri susu lebih sedikit apabila batita Anda memakan yogurt dan keju. Susu botolan sebaiknya dihentikan sejak usia 12 bulan. Mulai dari usia setahun, susu sapi segar utuh dapat diberikan menggantikan susu formula, kecuali Anda lanjut memberikan ASI.

5. Makanan tinggi lemak dan/atau gula

Batita pada umumnya menyukai makanan ini, namun sebaiknya jaga jumlahnya tetap sedikit. Selalu tawarkan puding pada dua hidangan utama, namun jangan sampai makanan ini mengganti makanan bernutrisi dari kelompok makanan lainnya.

Catatan tentang tambahan Vitamin A & D

Di Inggris, anak hingga usia lima tahun disarankan untuk mengkonsumsi suplemen vitamin yang mengandung vitamin A & D karena secara alami mereka tidak mendapatkan cukup vitamin ini dari makanannya. Ini akan membantu daya kekebalan tubuh anak dan memastikan tulang mereka bertumbuh secara normal.

Makanan untuk dihindari

Jauhi hidangan dengan kandungan lemak dan garam tinggi. Makanan nyaman dan makanan siap saji sebaiknya diberikan secara terpisah, kecuali makanan tersebut dibuat khusus untuk anak.

Jangan berikan makanan diet atau peramping. Makanan rendah kalori tidak cocok untuk batita karena batita membutuhkan ekstra kalori untuk pertumbuhannya.

Hidangan keluarga yang sehat dan sempurna adalah opsi terbaik. Ekonomis dan bernutrisi, memungkinkan Anda membuat hidangan besar dan membaginya menjadi porsi individual untuk disimpan di kulkas dan pembeku.  Philips AVENT VIA System ideal untuk menyimpan dan menyajikan makanan Anda.

Memperkenalkan rasa baru

Kuncinya adalah dengan membuatnya tetap menarik dan bervariasi. Perkenalkan makanan baru kepada anak dalam porsi kecil. Biarkan mereka mencoba beberapa suap, bukan satu piring. Mungkin Anda perlu menawarkan makanan baru beberapa kali sebelum anak Anda terbiasa dengan makanan tersebut. Ini adalah hal yang umum, jangan putus asa, coba terus. Tawarkan berbagai makanan genggam kepada anak, dan biarkan mereka memutuskan apabila mereka sudah kenyang atau belum.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.

Produk terkait

Saran terkait