Indonesia
Produk konsumen

Resep mudah untuk anak

Anak-anak yang senang berada di dapur seringkali mudah memakan makanan yang mereka bantu siapkan. Coba perkenalkan si kecil dengan kegiatan mempersiapkan makanan sesering mungkin.

Memasak dengan anak

Anda bisa memberi mereka tugas sederhana, seperti mengatur makanan di piring saji atau mengaduk saus. Mengaduk makanan bersama dan menghitung atau menimbang bahan makanan adalah cara yang bagus untuk mengembangkan koordinasi fisik dan keterampilan matematika anak, sambil belajar memasak.

Memasak dapat menghadirkan waktu berkualitas bersama anak asal Anda tidak terburu-buru dan melakukan berbagai macam hal sekaligus. Dapur mungkin akan berantakan dan kacau, namun hal ini sangat normal dan jangan marahi anak. Setiap orang punya kesalahan. Manfaat yang paling penting adalah berkembangnya sikap positif anak terhadap makanan.

Petunjuk umum saat memasak dengan anak:

  • Jauhkan pisau dan pengocok listrik dari jangkauan anak.
  • Berikan tugas sederhana yang sesuai dengan usianya, namun libatkan anak pada sebanyak mungkin tahapan memasak jika memungkinkan.
  • Biarkan anak Anda mencicipi.
  • Jelaskan apa yang sedang Anda lakukan.
  • Jangan terlalu khawatir akan melakukan kesalahan, makanan kemungkinan tetap terasa enak.

Pizza

Salad Pasta

Sponge Drop

Mini Trifle

Kue Beras Berbentuk Wajah

Apple Smile

Celupan Keju Cottage dengan Sayuran dan Keripik Panggang

Pisang Coklat Panggang

Selai Raspberry

Pizza

Biarkan anak memilih topping pizzanya sendiri agar suasana menjadi sangat menyenangkan dan menghibur. Lewat imajinasinya, anak bisa membuat wajah atau gambar sederhana. Namun, pizza bukanlah makanan yang lengkap dan sebaiknya disajikan dengan sayuran ekstra.

2 adonan pizza, tersedia di semua supermarket besar

6 sdm purée tomat atau saus tomat

1 sdt oregano kering

Berbagai sayuran pada piring yang berbeda misalnya paprika dipotong dadu, zukini, jamur, tomat iris, jagung manis kalengan yang sudah ditiriskan

45g daging asap atau ayam matang, dipotong kecil-kecil

4 sdt keju parut, campuran cheddar dan parmesan

6-8 keju mozzarella diiris tipis

Dewasa: Memotong sayuran.

Anak: Oleskan purée tomat atau saus tomat di atas adonan pizza. Taburi dengan oregano. Berikan topping  sayuran dan daging yang disukai. Taburi keju parut. Tambahkan lembaran keju mozzarella.

Dewasa: Letakkan adonan pizza di oven lalu panggang hingga keju menggelembung dan berwarna cokelat.

Sajikan dengan seledri atau potongan mentimun atau salad

Untuk 2–4 porsi

Salad Pasta

Apabila Anda yang memotong, memasak, dan mengolah sayuran, anak Anda dapat menambahkan dan mencampur bahan-bahan. Obrolkan warna-warna yang berbeda selagi melakukannya. Anda bisa membuat hidangan makan siang dengan menambahkan potongan daging salmon atau daging asap.

330g pasta bentuk spiral atau bentuk lainnya

1 sdm minyak

170g campuran sayuran seperti brokoli, seledri, wortel, zukini, mentimun, kacang kapri, paprika merah dan hijau, daun bawang, buncis, dan tomat ceri.

untuk sausnya:

Air 1 lemon atau jeruk nipis

1 sdm cuka balsamik

1 sdm peterseli cincang

1 sdm kemangi cincang

45g keju parmesan parut

1 sdm mild mustard

Sejumput lada hitam

Dewasa: Didihkan air dalam panci berukuran besar. Tambahkan 1sdt minyak zaitun dan pasta. Kecilkan apinya, tutup dan biarkan selama 10-12 menit hingga pasta cukup kenyal. Tiriskan, bilas dengan air panas dan biarkan mendingin. Siapkan sayuran dengan memotong wortel, seledri, zukini, dan mentimun menjadi batangan kecil. Potong kedua ujung kapri.

Anak: Potek brokoli menjadi potongan-potongan kecil.

Dewasa: Iris tipis paprika merah dan hijau, bawang merah dan buncis. Masukkan semua sayuran, kecuali mentimun dan tomat, ke dalam panci berisi air mendidih dan rebus sekitar 3 menit. Tiriskan. Biarkan mendingin.

Anak: Letakkan pasta ke dalam mangkuk salad lalu campurkan sayuran yang sudah direbus. Masukkan mentimun dan tomat ceri. Campurkan semua bahan saus, aduk rata lalu tuangkan di atas salad. Aduk salad dengan saus.

Lama pembuatan: 25 menit

Untuk 4-6 porsi

Sponge Drop

Untuk variasi, lelehkan sedikit cokelat dan biarkan anak mencelupkan ke cokelat sedikit. Biarkan mendingin dan sajikan dengan buah sebagai hidangan penutup atau camilan.

1 telur besar

3 sdm gula kastor

3 sdm tepung terigu

1–2 sdt gula tepung

Dewasa: Panaskan oven ke 200°C/400°F/tanda gas 6. Olesi kedua loyang dengan sedikit minyak. Kumpulkan semua bahan bersama anak.

Anak: Pecahkan telur (dengan bantuan) ke dalam mangkuk adukan. Takar gula dan masukkan ke dalam mangkuk.

Dewasa dan anak bersama: Pegang kocokan listrik dan kocok telur dan gula sampai membentuk krim yang tebal. Ini membutuhkan beberapa menit dan Anda mungkin harus menyelesaikannya tanpa bantuan anak.

Anak: Takar tepung terigu dan ayak perlahan ke dalam adukan krim sedikit demi sedikit. Lipat adonan menggunakan sendok logam (Anda harus menunjukkan kepada anak cara melipat adonan, bukannya mengaduk, ini penting untuk menjaga udara dalam adonan). Letakkan satu sendok makan adonan ke loyang yang sudah diminyaki. Beri jarak antar adonan.

Dewasa: Memasukkan baki dalam oven dan panggang selama 7– 10 menit hingga berwarna emas dan menjadi seperti spons. Keluarkan dari oven. Biarkan mendingin selama beberapa detik lalu gunakan pisau aduk untuk memindahkan kue ke rak pendingin.

Anak: Gunakan saringan kecil untuk menaburi kue dengan gula tepung.

Kue ini sangat enak disantap selagi hangat.

Lama pembuatan: 10 menit

Untuk 10–12 sponge drop

Mini Trifle

Membuat puding tradisional ini akan menyenangkan bagi anak Anda. Gunakan buah lunak apa pun yang sedang musim atau buah kalengan.

4 sponge drop, atau 2 Swiss roll atau bolu gulung

2 sdm jus jeruk

1 persik matang, iris

Sekitar 12 buah strawberi, cuci dan kupas

150 ml custard siap saji atau custard buatan sendiri

2 sdm krim kocok – opsional

Gula warna-warni untuk taburan – opsional

Anak: Letakkan 2 sponge drop atau 1 iris swiss roll/bolu gulung di dalam dua mangkok ramekin kecil. Tuangkan satu sdm jus jeruk di atas irisan kue. Tambahkan irisan persik dan strawberry di atasnya. Letakkan 1 sdm custard di atasnya. Beri krim dan taburi dengan gula warna-warni.

Kue Beras Berbentuk Wajah

Makan siang sederhana yang menyenangkan untuk dibuat bersama. Gunakan buah atau sayuran lain untuk membuat wajah.

1 kue beras besar tanpa rasa

2 sdm keju krim atau hummus

3 kismis

1 apel, iris tipis – berbentuk seperti mulut

Wortel yang diparut kecil

Dewasa: Potong apel menjadi empat bagian, buang bagian bijinya dan iris tipis. Parut wortel.

Anak: Bubuhi kue beras krim keju atau hummus, buat wajah menggunakan kismis dan irisan apel. Taburi wortel parut di bagian atas sebagai rambutnya atau di bawah mulut sebagai jenggot.

Sajikan dengan tambahan irisan apel atau sayuran berbentuk batangan.

Lama pembuatan: 5–10 menit

Untuk 1 wajah

Apple Smile

Ini adalah camilan yang menyenangkan, dapat dibuat bersama-sama saat ada beberapa anak yang main ke rumah.

1 apel merah

3–4 sdm selai kacang

Sereal berbentuk beras

Dewasa: Iris apel dan tekan perlahan masing-masing irisan dengan tisu dapur untuk mengeringkannya (agar selai kacang mudah menempel). Lapisi tiap irisan apel dengan selai kacang. Tumpuk 2 irisan dan tekan perlahan agar selai kacang mulai keluar dari bagian tepi irisan apel. Letakkan 4-5 potong sereal beras ke selai kacang untuk membentuk gigi (kulit apel merah yang jadi bibirnya).

Lama pembuatan: 10 menit

Untuk 5–6 senyuman

Celupan Keju Cottage dengan Sayuran dan Keripik Panggang

250g keju cottage

2 bawang merah – dirajang

1/4 atau 1/2 paprika merah – dirajang halus

1/4 sdt Dijon mustard

1/2 sdt campuran rempah kering

Campuran sayuran seperti seledri, wortel, bunga brokoli – potong menjadi batangan atau potongan kecil

Dewasa: Persiapkan semua sayuran. Anak yang lebih tua dapat membantu aktivitas ini bila diawasi.

Anak: Letakkan semua bahan ke dalam mangkuk, takar semua rempah dan mustard lalu campur semuanya.

Sajikan dengan sayuran berbentuk batangan

Lama pembuatan: 10 menit

Pisang Coklat Panggang

2 pisang besar, belum dikupas

60 ml susu putih atau cokelat

Dewasa: Potong ujung pisang tapi jangan dikupas. Panaskan oven ke 180C/350F/tanda gas 4.

Anak: Letakkan pisang di loyang di atas lembar aluminium foil. Patahkan cokelat menjadi potongan kecil.

Dewasa: Buat irisan memanjang pada pisang hingga menembus sampai ke pertengahan daging buah. Jangan sampai menembus ke kulit bagian bawah.

Anak: Masukkan dan tekan potongan coklat ke dalam irisan. Bungkus rapat pisang dengan aluminium foil.

Dewasa: Letakkan di oven dan panggang selama 25 menit.

Biarkan mendingin, lalu lepaskan lembar aluminium foil. Kulit pisang akan berwarna hitam namun campuran buah pisang dan cokelat dapat diambil menggunakan sendok.

Untuk 2–4 porsi

Selai Raspberry

Memetik buah sendiri dan membuat selai dari buah tersebut pasti sangat menyenangkan dan memberikan rasa pencapaian kepada anak-anak. Membuat selai dari buah segar memastikan kandungan flavanoid melimpah dan bebas dari perasa atau pewarna makanan.

1 kg raspberry yang Anda petik

1 kg gula pasir

Anak: Cuci buah dan keringkan dengan tisu dapur. Letakkan raspberry ke panci besar. Lumatkan raspberry menggunakan penumbuk kentang.

Anak: Timbang gula. Cuci 2 toples selai, keringkan, lalu taruh di oven untuk menghangatkan dan mengeringkannya.

Dewasa: Didihkan perlahan raspberry yang sudah ditumbuk menggunakan api yang kecil. Tambahkan gula, aduk dengan sendok kayu hingga larut. Didihkan 5 menit lagi. Menggunakan sendok kayu, letakkan satu atau dua sendok selai di mangkuk selai dan biarkan anak mengawasi apakah ada lapisan kulit yang terbentuk saat selai mendingin dan tidak luber dari mangkuk. Jika kulit tidak terbentuk, didihkan lagi selama 5 menit lalu periksa kembali. Ketika ada kulit yang terbentuk, tuangkan selai ke toples yang hangat dan kering. Biarkan mendingin sebentar lalu tutup saat masih hangat. Jika Anda ingin menyimpan selai untuk beberapa waktu ke depan, pastikan toples penuh untuk mengurangi kemungkinan munculnya jamur.

Waktu persiapan 20 menit

Menghasilkan sekitar 2 toples selai besar.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.

Produk terkait

Saran terkait