Komitmen terhadap efisiensi energi, Philips Menyinari Tugu Monas untuk menandai peluncuran

August 1, 2012

Jakarta, Indonesia – Sebagai komitmen untuk mendukung usaha penghematan energi, Royal Philips Electronics (NYSE: PHG, AEX: PHI) yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup manusia, pada hari ini dengan berkolaborasi dengan pemerintah kota DKI Jakarta meluncurkan program “Kota Terang Hemat Energi” yang ditandai dengan penyalaan  landmark ternama di Jakarta, tugu MONAS dengan sistem pencahayaan terkini yang mutakhir dan berkelanjutan, LED (Light Emitting Diode).

 

“Didorong oleh kebutuhan akan efisiensi energi, kami bekerja sama dengan pemerintah perkotaan di Indonesia dan dengan bangga meluncurkan Kota Terang Hemat Energi yang mempersembahkan sistem pencahayaan yang unik yang dapat memberikan perubahan terhadap cara masyarakat menggunakan dan merasakan efek dari pencahayaan. Dengan pengalaman 121 tahun dalam bidang pencahayaan, Philips ingin mengajak masyarakat untuk lebih mencintai kota tempat mereka tinggal dengan mengetahui lebih lanjut berbagai kemungkinan dan manfaat dari penggunaan solusi pencahayaan berbasis LED,” ujar Robert Fletcher, President Director, PT. Philips Indonesia.

 

Secara global, pencahayaan mengkomsumsi lebih dari 15% dari total konsumsi energi. “Kota dan pemerintah perkotaan menghadapi berbagai tantangan seperti meningkatnya angka urbanisasi serta krisis energi,dan pada saat bersamaan juga dituntut untuk mampu berhubungan dengan masyarakat penghuni kota sekaligus dapat meningkatkan perekonomian. Itu salah satu alasan pentingnya kesadaran pemerintah perkotaan akan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas perkotaan dengan solusi yang maju dan berkelanjutan,” jelas Jimmy Juwana, seorang pakar dalam bidang pengembangan berkelanjutan di Universitas Trisakti.

 

   

 

Dengan teknologi pencahayaan berbasis LED (Light Emitting Diode) kita bisa menghemat hingga 50% dari total konsumsi energi tersebut; dimana jumlahnya adalah sama dengan menghemat EUR 106 Milyar per tahun; atau 555 juta ton karbon dioksida (CO2) per tahunnya, Selain itu, solusi pencahayaan berbasis LED juga lebih tahan lama dengan 15-20 tahun usia pemakaian, dan ramah lingkungan.

 

Dengan menggunakan produk Philips LED Colorich PowerCore, memungkinkan untuk melakukan pengendalian dan fokus cahaya dari segi arah dan efek yang diinginkan. Sistem pencahayaan baru tersebut membuat MONAS bisa dilihat dari sudut manapun di Jakarta. “Membuat MONAS bersinar di malam hari dengan solusi pencahayaan dari Philips merupakan impian bagi kami. Solusi teknologi LED ini dapat mencapai level dan desain tepat untuk bangunan Monas, sekaligus mempertahankan identitas asli bangunan tersebut sebagai simbol sejarah kota Jakarta,” jelas Ryan Tirta Yudhistira, Senior Marketing Manager Lighting Philips Indonesia.

 

“Philips meyakini bahwa pencahayaan memiliki berbagai potensi. Melalui Kota Terang Hemat Energi, kami mentransformasi lingkungan berbagai sektor, baik itu perumahan, kantor, maupun industri, untuk menciptakan pengalaman dan membantu membentuk identitas perkotaan. Melalui pencahayaan, kami ingin membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tutup Robert.

 

Rangkaian Kegiatan acara “Kota Terang Hemat Energi”

Acara ‘Kota Terang Hemat Energi’ terdiri dari berbagai kegiatan yang menunjukkan berbagai manfaat dari produk pencahayaan LED dari Philips, termasuk diantaranya:
1. Kompetisi ‘Touch the LED” dimana para konsumen yang ikut serta dalam kompetisi tersebut mendapatkan bukti bahwa produk pencahayaan LED tidak menimbulkan panas sehingga bisa disentuh selama berjam-jam walau dalam keadaan menyala.

 

2. ‘Philips LED Garden’ menunjukkan produk lampu terbaru Philips LED MyVision yang dapat digunakan untuk aplikasi rumah tangga yang hemat energi, hemat biaya, dan ramah lingkungan.

 

3. ‘Berkilaulah Monas’ adalah persembahan dari Philips bagi kota Jakarta dengan menyalakan lampu LED pada Monas di malam hari; yang merupakan salah satu contoh konkrit akan kemampuan lampu LED dalam memperindah kota dengan pencahayaan yang dapat diatur sesuai dengan efek yang diinginkan.

 

REFERENSI PENCAHAYAAN OLEH PHILIPS

 

Jembatan Suramadu adalah contoh bagus bagaimana pencahayaan LED dari Philips telah membantu mentransformasi bangunan bersejarah menjadi suatu objek yang mengagumkan dan aman, serta mampu menanamkan perasaan bangga terhadap penduduk Surabaya dan wilayah sekitarnya.

 

Air Mancur di Palembang. Pencahayaan LED dari Philips telah mengubah air mancur tersebut menjadi sebuah adikarya yang menakjubkan, sebuah objek yang indah untuk dipandang saat matahari mulai terbenam dan pencahayaan warna-warni LED mulai menunjukkan pesona

 

Mengenai produk pencahayaan Philips LED MyVision

Berikut adalah beberapa jenis produk LED MyVision:

 

6W – sama dengan 40W lampu pijar
Tersedia dalam 2 warna: Warm White & Cool Day Light
9.5W – sama dengan 60W lampu pijar
Tersedia dalam 2 warna: Warm White & Cool Day Light

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi:

Utari Mahavira, Fleishman-Hillard Indonesia
Mobile: +62-813-80577193
E-mail: Utari.Mahavira@fleishman.com

.

Tentang Royal Philips Electronics

Royal Philips Electronics dari Belanda (NYSE: PHG, AEX: PHI) adalah perusahaan dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan yang memiliki fokus untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui inovasi berkelanjutan. Sebagai pemimpin global dalam bidang kesehatan, gaya hidup dan solusi pencahayaan, Philips mengintegrasikan teknologi dan disain ke dalam solusi yang mengutamakan kepentingan masyarakat melalui pemahaman mengenai wawasan konsumen serta komitmen menghadirkan brand yang menjanjikan “Sense and Simplicity”. Berkantor pusat di Belanda, Philips didukung oleh 122.000 karyawan di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Dengan penjualan sebesar EUR 22,6 miliar pada tahun 2011, Philips menjadi pemimpin pasar dalam bidang perawatan kesehatan jantung, perawatan gangguan kesehatan akut dan perawatan kesehatan di rumah, solusi pencahayaan hemat energi dan aplikasi pencahayaan terbaru. Selain itu Philips juga menghadirkan berbagai produk gaya hidup bagi kenyamanan pribadi, dengan keunggulan utama pada TV layar datar, alat cukur pria, peralatan hiburan portabel serta perawatan kesehatan mulut. Untuk berita terbaru mengenai Philips, silakan kunjungi www.philips.co.id/newscenter

 

Pada bulan November 2011, Philips meluncurkan The ‘+’ Project, sebuah program yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penduduk di Asia Pasifik. The ‘+’ Project berfokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat perkotaan dengan cara membantu membangun kota yang layak huni, mendorong gaya hidup sehat dan mengupayakan sistem layanan kesehatan yang mudah dan terjangkau. Program ini menggabungkan keahlian Philips dari berbagai sektor bisnis dan kemampuan inovasi perusahaan serta berusaha melakukan kerjasama yang erat dengan pemerintah, pemerintah daerah, otoritas kesehatan dan para pemangku kepentingan lainnya yang relevan agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kawasan Asia Pasifik. Program ini mencakup Negara-negara ASEAN, Australia dan Selandia Baru serta Korea. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.philips.com/plus.

.