Philips dan Yayasan Kanker Indonesia luncurkan aplikasi mobile interaktif pertama tentang Kanker Payudara

December 27, 2012

   Jakarta, Indonesia – Sebagai perwujudan dari ide pemenang The ‘+’ Project yang telah diluncurkan tahun lalu, Royal Philips Electronics (NYSE:PHG,AEX:PHI) bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI), pada hari ini meluncurkan “Spot It Yourself”, sebuah aplikasi mobile interaktif yang menampilkan informasi terkini, serta sebagai tempat berbagi mengenai isu-isu kanker payudara untuk masyarakat Indonesia.

 

“Di Philips, kami percaya bahwa bekerja sama dengan para pemangku kepentingan yang berbeda dapat memberikan solusi inovatif terhadap tantangan sehari-hari. Kami sangat bangga, melalui The ‘+’ Project, kami dapat bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia untuk menyediakan aplikasi mobile yang inovatif dan interaktif sebagai sumber informasi mengenai kanker payudara yang mudah diakses semua masyarakat Indonesia, “kata Robert Fletcher, President Director PT Philips Indonesia.

 

Diluncurkan pada akhir 2011 dan telah menghasilkan lebih dari 600 ide inovatif, The ‘+’ Project telah membawa ide-ide terbaik menjadi kenyataan. Diciptakan untuk menyediakan informasi tentang kanker payudara yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia, “Spot It Yourself”, sebuah ide yang berasal dari pengalaman pribadi, Rina Susanti, pemenang The ‘+’ Project dari kategori Access to Healthcare.

 

“Pada tahun 2010, saya terdeteksi mengidap tumor payudara. Saya tidak tahu kemana saya harus pergi dan dimana saya bisa mendapatkan informasi yang dapat dipercaya. Setelah mengalami itu, saya berharap bahwa “Spot It Yourself” dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini dan menyediakan masyarakat Indonesia  sebuah sumber informasi yang interaktif dan dapat diandalkan tentang kanker payudara,” kata Rina.

   

 

Kanker payudara telah menjadi penyebab utama dari kematian para perempuan di Indonesia. Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2008, angka ini meningkat sebanyak 36 kasus baru (dari setiap 100.000 wanita) per tahun. Angka ini diprediksi akan meningkat tujuh kali lipat pada tahun 2030.

 

“Berdasarkan data Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2007, kanker payudara menempati urutan pertama pada pasien rawat inap di seluruh RS di Indonesia (16,85%), disusul kanker leher rahim (11,78%). Namun, sangat disayangkan bahwa tingkat kesadaran akan pentingnya periksa payudara sendiri dan mamografi di Indonesia masih sangat rendah. Hal ini amat disayangkan sebab deteksi dini bisa mencegah banyak kematian akibat kanker payudara. Aplikasi mobile interactive yang baru dari Philips – “Spot it Yourself menyediakan cara  periksa payudara sendiri dan informasi seputar kanker payudara, termasuk siapa yang harus dihubungi untuk informasi lebih lanjut,” ujar Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SpM (K), Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI).

 

Aplikasi mobile interaktif “Spot It Yourself” memiliki fitur lengkap mengenai informasi yang komprehensif, berisi tentang pemeriksaan dini diri sendiri, artikel terbaru, daftar rumah sakit yang dilengkapi dengan mammogram serta tempat untuk berinteraksi dengan dokter dan komunitas peduli kanker payudara. Aplikasi mobile interaktif “Spot It Youself” ini dapat diunduh di http://bit.ly/spotityourself

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Lystia Putranto, Fleishman-Hillard Indonesia

Mobile: +62-08119203890

E-mail: Lystia.putranto@fleishman.com 

.

Tentang Yayasan Kanker Indonesia

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) adalah organisasi nirlaba yang bersifat sosial dan kemanusiaan di bidang kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan kanker. Tujuan YKI adalah mengupayakan penanggulangan kanker dengan menyelenggarakan kegiatan di bidang promotif, preventif dan suportif.

 

Menyadari bahwa penanggulangan kanker hanya mungkin berhasil bila dilakukan oleh semua pihak, maka YKI melaksanakan kegiatannya dengan bekerjasama dengan semua pihak, baik pemerintah, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat, swasta dan dunia usaha baik di dalam maupun luar negeri. YKI memiliki cabang di seluruh Indonesia.

.

Tentang Royal Philips Electronics

Royal Philips Electronics (NYSE: PHG, AEX: PHI) adalah perusahaan dalam bidang kesehatan dan kesejahteraan yang memiliki fokus untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui inovasi di bidang Kesehatan, Consumer Lifestyle dan Pencahayaan. Berkantor pusat di Belanda, Philips mencatat penjualan pada tahun 2011 sebesar Eur 22,6 miliar dan mempekerjakan sekitar 122.000 karyawan dengan penjualan dan layanan di lebih dari 100 negara. Philips adalah pemimpin pasar dalam bidang perawatan kesehatan jantung, perawatan gangguan kesehatan akut dan perawatan kesehatan di rumah, solusi pencahayaan hemat energi dan aplikasi pencahayaan terbaru, serta alat cukur pria, peralatan hiburan rumah dan portabel, dan juga perawatan kesehatan mulut. Untuk berita terbaru mengenai Philips, silakan kunjungi www.philips.com/newscenter.

 

Pada bulan November 2011, Philips meluncurkan The ‘+’ Project, sebuah program yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penduduk di Asia Pasifik. The ‘+’ Project berfokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat perkotaan dengan cara membantu membangun kota yang layak huni, mendorong gaya hidup sehat dan mengupayakan sistem layanan kesehatan yang mudah dan terjangkau. Program ini menggabungkan keahlian Philips dari berbagai sektor bisnis dan kemampuan inovasi perusahaan serta berusaha melakukan kerjasama yang erat dengan pemerintah, pemerintah daerah, otoritas kesehatan dan para pemangku kepentingan lainnya yang relevan agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kawasan Asia Pasifik. Program ini mencakup Negara-negara ASEAN, Australia dan Selandia Baru serta Korea. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi philips.com/plus

.