Pusat berita | Indonesia

Okt 30, 2019

Solusi pintar dan terkoneksi Philips untuk intervensi medis dini yang lebih efektif dan hasil lebih baik bagi pasien


Philips mengumumkan implementasi Philips ICCA dan IGS  pertama di Indonesia di Rumah Sakit Kasih Ibu, Bali

Jakarta, Indonesia - Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) pemimpin global di bidang teknologi kesehatan, hari ini mengumumkan perkembangan signifikan dalam digitalisasi perawatan pasien di Rumah Sakit Kasih Ibu, Denpasar, Bali. Untuk pertama kalinya di Indonesia, Philips memperkenalkan sistem IntelliSpace Critical Care and Anesthesia (ICCA) dan Philips IntelliVue Guardian Software (IGS), sebagai bagian dari solusi perawatan terkoneksi (connected care) Philips yang bertujuan untuk memastikan kelancaran perawatan dan alur Informasi yang lebih tepat waktu antara pasien dan tenaga profesional kesehatan sebagai pihak yang menyediakan perawatan. Kedua solusi yang diterapkan bersama ini akan membentuk tulang punggung digital bagi Rumah Sakit Kasih Ibu dan membantunya meningkatkan hasil akhir dan pengalaman pasien dengan biaya lebih rendah dan kepuasan tenaga profesional kesehatan.

Memanfaatkan teknologi digital untuk membantu perawatan kritis akut tingkat lanjut

Alur kerja pada Unit Perawatan Intensif (ICU) cukup rumit, meliputi pendaftaran masuk/keluar, rutinitas perawatan sehari-hari, gawat darurat dan kejadian tak terduga, di samping memberikan perawatan akhir hidup. Jumlah obat-obatan, pindaian, perawatan dan pengujian yang diberikan atau dilakukan untuk pasien memberi beban besar pada pasien dan keluarganya. Alur kerja rumit ini membutuhkan upaya besar dari seluruh tim medis yang terlibat. Diperkirakan ada 178 proses yang dilakukan di sebuah ICU setiap harinya, dengan 1,7 di antaranya mengalami kesalahan.1 Bagi tim yang terlibat, pengambilan keputusan merupakan sebuah proses yang rumit tetapi harus dilakukan dengan cepat. Hal ini masih dipersulit lagi dengan banyaknya data yang berasal dari berbagai peralatan berbeda, rekam medis dan sumber-sumber data lainnya.
 

Digitalisasi layanan kesehatan, terutama di rumah sakit yang merawat pasien gawat darurat dan paska operasi, merupakan kebutuhan yang mendesak sejalan dengan upaya rumah sakit dalam memenuhi peningkatan permintaan layanan kesehatan tanpa mengorbankan kualitas perawatan dan keselamatan pasien. Di Indonesia pun demikian. Perawatan akut paling banyak diasosiasikan dengan jumlah kesalahan medis tertinggi. Hampir semua pasien ICU berpotensi terancam keselamatan jiwanya selama masa perawatan mencapai 78% akibat kesalahan medis yang serius.2 Pengambilan keputusan dan diagnosis juga lebih sulit dalam perawatan kritis karena kerentanan pasien yang dapat memiliki komorbiditas dan kondisinya dapat memburuk dengan cepat.

Kami senang menandai perkembangan signifikan dalam digitalisasi pengobatan pasien di Indonesia bersama Rumah Sakit Kasih Ibu di Bali. Dengan solusi IntelliSpace Critical Care and Anesthesia (ICCA) dan IntelliVue Guardian Software (IGS) milik Philips, kami memadukan sistem pemantauan pasien dengan teknologi terhubung untuk memberi konsistensi dalam perawatan pasien, transisi pasien yang mulus dan hasil yang lebih baik. Kami berkomitmen untuk membantu rumah sakit di seluruh Indonesia menerapkan teknologi connected care sebagai upaya membantu pasien dan tenaga medis

Pim Preesman

Presiden Direktur Philips Indonesia

 “Rumah Sakit Kasih Ibu, bercita-cita untuk menjadi rumah sakit pintar (smart hospital), kini menjadi paling depan dalam pemanfaatan inovasi teknologi kesehatan, terutama dalam digitalisasi perawatan pasien untuk memenuhi harapan - baik pasien domestik mau pun asing,” komentar Krishnawenda Duarsa, Presiden Kasih Ibu Hospital Group. “Kami percaya bahwa investasi pada solusi kesehatan ini akan meningkatkan kualitas jasa dan perawatan pasien, memungkinkan tim medis kami untuk lebih fokus menyediakan perawatan yang benar pada saat yang tepat, demi mendorong peningkatan hasil perawatan pasien yang lebih baik dan operasional rumah sakit yang lebih efisien.”

Penggunaan sistem digitalisasi rumah sakit untuk perawatan yang lebih cepat dan akurat

Philips IntelliSpace Critical Care and Anesthesia merupakan pendukung pengambilan keputusan medis terdepan dan solusi dokumentasi otomatis yang menyediakan analitik, manajemen perawatan dan pelaporan terintegrasi sepanjang siklus perawatan di ICU. Sistem ini memusatkan dan mengorganisir data pasien, termasuk dokumen admisi rumah sakit, tanda-tanda vital pasien, hasil lab, dan data konsultasi yang membantu mentransformasi data pasien menjadi input tindakan medis serta serta memungkinkan konektivitas antara alat-alat medis di ICU untuk memberikan hasil yang lebih baik.

Early Warning Systems untuk Menyelamatkan Lebih Banyak Jiwa

Patient Deterioration Solution milik Philips terdiri dari sebuah perangkat terintegrasi dengan sensor pengenal pasien, dilengkapi perangkat lunak dan layanan profesional. Solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan ini terhubung dengan EMR (electronic medical record/ rekam medis elektronik) untuk membantu rumah sakit meningkatkan efisiensi organisasi dan investasi infrastruktur.
 

Solusi milik Philips bertujuan untuk memungkinkan perawat dapat lebih cepat mengidentifikasi dan memberikan respons proaktif secara efisien kepada pasien yang kondisinya memburuk di bangsal rumah sakit. Hal ini membantu mengurangi risiko tidak terdeteksinya tanda-tanda penurunan kondisi fisik pasien, menigkatkan perawatan dan efisiensi manajemen pasien, serta alur kerja klinis.
 

Dengan memanfaatkan algoritma pintar dan analitik untuk memprediksi tren, solusi Philips (termasuk IntelliVue Guardian Software/IGS) membantu dokter memprediksi penurunan kondisi fisik pasien, memberitahu perawat dan memungkinkan intervensi medis tepat waktu dalam memprioritaskan perawatan pasien. Lebih dari 275 juta pasien dimonitor menggunakan perangkat pemantau pasien Philips setiap tahun.
 

Tanda-tanda vital yang tidak normal maupun indikasi lain dari ketidakstabilan kondisi pasien biasanya terjadi 8 hingga 12 jam sebelum kondisi berubah kritis.1 Penggunaan teknologi IntelliVue Guardian Software (IGS) Philips, sistem peringatan awal atau early warning scoring system (EWS) dan sistem alur kerja klinis dari Philips memungkinkan dokter menerima informasi untuk membantu mengidentifikasi tanda peringatan yang samar pada penurunan kondisi fisik pasien sehingga dapat dilakukan intervensi medis dengan tepat waktu.

1 Donchin, Y. et al. A look into the nature and causes of human errors in the intensive care unit. BMJ Qual. Saf. 12, 143–147 (2003).

2 Rothschild, J. M. et al. The Critical Care Safety Study: The incidence and nature of adverse events and serious medical errors in intensive care. Crit. Care Med. 33, 1694–1700 (2005).
3 http://www.euro.who.int/en/health-topics/Health-systems/patient-safety/data-and-statistics

Tentang Royal Philips

Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) merupakan perusahaan teknologi kesehatan terkemuka yang berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat dan memungkinkan hasil yang lebih baik di sepanjang rangkaian layanan kesehatan, mulai dari gaya hidup sehat dan pencegahan, diagnosis, pengobatan hingga perawatan di rumah. Philips memanfaatkan teknologi canggih serta pemahaman mendalam secara klinis maupun mengenai konsumen untuk memberikan solusi yang terintegrasi. Perusahaan yang bermarkas besar di Belanda ini adalah pemimpin dalam pencitraan diagnostik, terapi dipandu citra, pemantauan pasien dan informatika kesehatan, serta kesehatan konsumen dan perawatan di rumah. Pada 2018, Philips mencapai penjualan sebesar EUR 18,1 miliar dan mempekerjakan sekitar 78.000 karyawan dengan penjualan dan layanan pada lebih dari 100 negara. Berita tentang Philips dapat ditemukan di www.philips.com/newscenter.

Baca lengkapBaca ringkas

Topik

Kontak

Yulin Febrina

Yulin Febrina

Corporate Communications Manager

Tel: +628118440981

Aset media

Bagikan di media sosial

You are about to visit a Philips global content page

Continue

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.