1

Penanda pencapaian perkembangan fisik

Dari hari bayi Anda lahir, dia akan terus menerus belajar. Perkembangan akan berlangsung secara alami – yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan lingkungan yang baik dan mengarahkan bayi ke arah yang tepat.

Tiga hal yang harus diingat


Ada tiga hal yang memengaruhi perkembangan bayi Anda: genetika, kepribadian, dan lingkungan. Meskipun Anda tidak dapat mengubah potensi genetik atau kepribadian bayi Anda, Anda dapat menyediakan lingkungan yang mengayomi dan menstimulasi, untuk membantu anak Anda mencapai potensi maksimumnya.

Setiap bayi berbeda

 

Perlu diingat bahwa semua bayi berbeda-beda dalam perkembangannya. Sangat wajar bagi mereka untuk mempelajari keterampilan baru, kemudian seolah kehilangan keterampilan tersebut untuk beberapa saat. Jangan tergoda untuk membandingkan bayi Anda dengan bayi orang lain karena semua bayi berkembang sesuai caranya masing-masing – kecuali bila ada masalah mendasar – dan pada usia dua tahun, mereka akan saling mengimbangi. Kecepatan yang mereka kembangkan bukanlah pertanda keistimewaan maupun masalah.

 

Sekalipun Anda tak perlu cemas tentang mengimbangi bayi lain, merangsang bayi Anda merupakan ide bagus. Rutinitas yang baik dan banyak tidur juga sangat penting bagi perkembangan mereka. Waktu terbaik untuk menstimulasi bayi Anda adalah ketika bayi tenang dan waspada – sesudah mereka bangun tidur, ganti popok, atau setelah makan. Bermainlah dengan bayi Anda di waktu ini, tetapi berhentilah jika bayi lelah atau rewel. Tahap ‘tenang waspada’ mungkin hanya berlangsung 15-20 menit pada bayi baru lahir, tetapi akan meningkat hingga sekitar 45 menit setelah usia tiga bulan.

Semua tepat pada waktunya

 

Perkembangan fisik bayi Anda akan sangat cepat dalam dua tahun pertama. Saat bayi Anda lahir, mereka hanya akan bergerak secara refleks. Tangan mereka akan menggenggam dan kaki dan lengan mereka akan menekuk. Namun, seiring bertambah kuatnya otot dan anggota gerak mereka menjadi lurus di sepanjang enam minggu pertama, Anda akan memperhatikan ada perubahan besar. Tantangan fisik pertama yang akan dihadapi bayi Anda adalah meningkatkan kekuatan pada kepala dan lehernya.

 

Bagian otak yang mengendalikan pergerakan berkembang dalam urutan mulai kepala sampai jari kaki. Inilah sebabnya, bayi mengembangkan keterampilan dalam urutan tertentu. Cara termudah untuk mengetahui cara menstimulasi bayi Anda, harus memilih permainan apa, dan mainan apa yang terbaik, adalah dengan memahami urutan penanda perkembangan ini. Jika Anda tahu apa yang akan dicapai bayi berikutnya, seterusnya akan mudah.

Penanda perkembangan bayi Anda

 

  • Pada usia tiga bulan, kepala bayi Anda akan lebih tegak saat duduk
  • Pada usia empat bulan, bayi Anda sudah bisa berguling dari depan ke belakang
  • Antara usia empat hingga lima bulan, bayi Anda akan mampu mengendalikan kepalanya
  • Pada usia enam bulan, bayi Anda bisa duduk dengan alat bantu
  • Pada usia delapan bulan, bayi Anda bisa duduk tanpa alat bantu
  • Antara tujuh hingga delapan bulan, bayi Anda bisa mulai merangkak
  • Pada usia 13 bulan, bayi Anda mampu berdiri sendiri barang beberapa saat
  • Antara 13 hingga 15 bulan, kebanyakan bayi mulai berjalan sendiri.
 

Ingat, ini hanya perkiraan waktu. Bayi Anda mungkin melakukan beberapa hal lebih awal dan beberapa hal lebih lambat. Mereka juga mungkin melewatkan beberapa pencapaian tertentu, misalnya berguling dan merangkak. Ini bukan masalah, tetapi langkah-langkah besar ini dicapai lewat latihan, jadi sangat bagus jika orang tua mendorong bayi mereka untuk melakukannya. Kendati demikian, jika bayi Anda belum bisa duduk pada usia 10 bulan atau berjalan pada usia 18 bulan, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter umum.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.