1

Perkembangan
Bayi Anda di Usia 3 bulan

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi di dalam pikiran bayi Anda? Mari lihat dunia ini sekilas dari mata bayi berusia 3 bulan…

Sekitar usia ini, bayi Anda akan mulai mampu mengetahui perbedaan antara diri mereka sendiri dan orang lain. Si kecil biasanya juga bangun agak lebih lama di siang hari. Ini memberi mereka waktu untuk menyerap dan belajar dari lingkungan sekitarnya.

Koordinasi


Koordinasi tangan dan mata bayi Anda baru mulai berkembang. Tangan bayi sekarang bisa membuka dan menutup. Anda mungkin menemukan bayi Anda mampu meraih mainan yang tergantung atau menggenggam mainan dan memasukkannya ke mulut. Dia juga mulai memperhatikan perbedaan antara benda keras dan lunak. Si kecil juga dengan cepat makin percaya diri menggerak-gerakkan anggota tubuhnya dan mengangkat kepala.

Suara dan tampilan


Pendengaran dan pandangan mata bayi berkembang cepat. Anda mungkin memperhatikan bayi Anda menikmati mendengarkan musik atau menoleh saat mendengar suara Anda. Secara visual, bayi Anda akan suka menatap warna-warni cerah karena ketajaman kontrasnya. Si kecil mungkin juga mulai memperhatikan pantulannya di cermin dan terpesona oleh berbagai rupa wajah.

Bahasa


Meskipun kata-kata yang jelas masih belum bisa diucapkan, bayi Anda mulai menemukan suaranya. Dengarkan suara gumam puas, pekikan riang, dan celotehan biasa. Dorong ketertarikan bayi Anda terhadap suara dengan cara menyanyi, membaca, dan berbicara dengannya.

Naik


Selama beberapa bulan ke depan, bayi Anda akan mengasah dan mengembangkan berbagai kemampuan dasar ini. Ia akan segera dapat mengambil mainan dan memasukkannya ke mulut. Bayi juga akan mulai memahami bagaimana suatu tindakan dapat menyebabkan tindakan yang lain.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.