1
Artikel

Panduan untuk
perkembangan  bayi usia 8 bulan

Pada usia 8 bulan di dunia – atau setidaknya di lantai ruang tamu Anda – bayi menemukan area bermain penuh petualangan yang siap dijelajahi. Bayi Anda mungkin sudah merangkak atau menunjukkan berbagai tanda ingin berpindah tempat, seperti berguling atau menggeser bokongnya. Ia mungkin sudah mampu mengangkat tubuhnya ke posisi berdiri dengan berpegangan pada sofa.

Bergerak


Eksplorasi adalah aktivitas utama di usia ini, dan Anda akan terkejut betapa jauhnya si kecil yang tadinya tak mampu bergerak ini dapat berpindah tempat dalam hitungan detik. Jika Anda belum melakukannya, segera atur rumah Anda agar aman untuk bayi dan memastikan keamanannya selagi menjelajah.

 

Menyelidiki berbagai benda adalah hal yang paling diutamakan bayi 8 bulan yang penuh rasa penasaran. Dia mungkin mengambil mainan atau benda kecil lainnya lalu menggigitnya untuk menguji rasanya. Menggoyang-goyangkan mainan atau memukulkannya ke dinding atau lantai juga sangat menyenangkan baginya. Dia baru mulai mempelajari tentang sebab-akibat, jadi jangan kaget jika Anda harus selalu memunguti mainan yang dilemparkannya dari tempat tidur terus menerus. Manjakan si kecil bila memungkinkan. Dia mengamati, mempelajari, dan mendapatkan kegembiraan luar biasa dari pengalaman ini.

Makanan hal yang menyenangkan


Sekarang, sesudah si kecil mampu memungut potongan kecil makanan untuk makan sendiri, waktu makan menjadi dunia baru yang penuh permainan. Makan adalah permainan panjang, mulai dari menggoyang-goyangkan irisan roti di udara sampai dengan melumuri yoghurt ke seluruh mukanya, di atas meja, atau mungkin pada Anda. Tahan diri Anda untuk tidak menghentikan kegembiraannya dengan menyambar sendok dan membersihkan semuanya terlalu awal. Ini semua merupakan pengalaman sensoris penting, sekalipun agak berantakan.

Lihat saya!


Keterampilan pemahaman bayi Anda sekarang juga meningkat, dan Anda mungkin dapat bermain permainan kecil seperti memintanya mencari mainan yang Anda sembunyikan di balik bantal duduk atau menunjuk benda saat Anda menyebutkannya. Dia mungkin juga mulai berkomunikasi dengan Anda dan orang lain melalui gerakan seperti melambai atau bertepuk tangan.

Kecemasan dan empati


Anda mungkin memperhatikan bahwa bayi Anda menjadi lebih resah atau kesal dibandingkan sebelumnya saat Anda meninggalkan ruangan. Ini dikenal sebagai kecemasan akan perpisahan dan dapat membuat Anda maupun bayi sangat resah. Kabar baiknya, kecemasan akan perpisahan tidak berlangsung selamanya. Begitu bayi Anda menyadari bahwa Anda selalu kembali, meninggalkannya akan menjadi lebih mudah di bulan-bulan mendatang.

Bayi Anda yang berusia 8 bulan sekarang juga mampu merasakan empati. Jika dia menangis saat mendengar bayi lain menangis, kemungkinan besar ini merupakan "tangisan refleksif" - tanda pertama rasa empati terhadap orang lain.
Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.
Mari berkenalan dengan Aplikasi Baby+

Mari berkenalan dengan Aplikasi Baby+

Dapatkan aplikasi yang membantu Anda melacak perkembangan bayi dan memungkinkan Anda untuk menyimpan momen-momen khusus tersebut selamanya.
Unduh sekarang:

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.