Makanan untuk dihindari

 

Pola makan yang sehat selama masa kehamilan bukan hanya tentang apa yang Anda makan, tetapi juga apa yang Anda hindari. Beberapa makanan mengandung lebih banyak bakteri dibandingkan makanan lain dan dapat membahayakan pertumbuhan janin Anda, jadi kami mengumpulkan daftar makanan utama yang harus dihindari selama masa kehamilan untuk membantu menjaga kesehatan bayi. 

 

Makanan pertama yang harus dihindari kelama kehamilan adalah daging mentah, seperti steak mentah atau sashimi. Sekalipun makanan ini tidak masalah jika dikonsumsi orang dewasa, parasit dan bakteri dalam daging mentah dapat membahayakan janin yang sedang bertumbuh.

 

Telur mentah atau setengah matang juga harus dihindari sementara. Sama seperti daging mentah, telur mentah dapat mengandung parasit seperti salmonella yang dapat membahayakan si kecil. Telur sering kali juga merupakan bahan penting dalam banyak jenis makanan, jadi periksa terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi apa pun, seperti tiramisu atau mousse coklat.

 

Makanan lain yang harus dihindari antara lain produk olahan susu yang tidak dipasteurisasi dan keju lunak, ikan yang mengandung kadar merkuri tinggi seperti hiu dan ikan todak, juga hati atau produk olahan hati yang mengandung kadar vitamin A tinggi.

 

Jika Anda rasa daftar ini agak terlalu panjang, jangan khawatir. Masih ada banyak makanan lezat yang dapat Anda nikmati dan langkah pencegahan tambahan yang Anda ambil sangat bermanfaat bagi perkembangan sehat sang janin. 

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.