Pusat berita | Indonesia

Des 20, 2017

Peran Teknologi dalam Mewujudkan Kesehatan Tanpa Batas

 

Philips memperkenalkan Lumify, solusi ultrasound berbasis aplikasi yang kompatibel dengan perangkat mobile, dirancang agar ultrasound lebih mudah diakses pada point-of-care.

Jakarta, Indonesia - Kesehatan tidak ada batasnya, dan demikian pula seharusnya perawatan kesehatan. Namun, ada banyak faktor yang menghambat alur point-of-care (perawatan di tempat) terutama saat terjadi situasi darurat. Dari daerah terpencil dengan kondisi geografis yang sulit dicapai sampai kota-kota besar dengan kemacetan lalu lintasnya, para tenaga kesehatan profesional, di mana saja mereka berada, menghadapi tantangan dalam memberikan screening awal maupun diagnosis pasien darurat dengan akurat sesegera mungkin.

 

Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) hari ini mengumumkan bahwa Lumify, solusi ultrasound yang kompatibel dengan perangkat Android tertentu sekarang tersedia untuk para praktisi atau organisasi medis di Indonesia. Philips Lumify akan melengkapi dokter dengan kemampuan untuk melakukan diagnosis ultrasound dalam waktu singkat di situasi darurat dan mengelola rasa sakit sehingga perawatan yang ditargetkan dapat dimulai secepat mungkin. Kualitas gambar Lumify yang sangat baik akan membantu dokter mendiagnosis dan merencanakan perawatan pasien.

 

“Keadaan darurat bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan selalu mendadak,” kata dr. Pryambodho, SpAn-KAR dari RSCM. “Keadaaan darurat bisa jadi karena kecelakaan lalu lintas, seseorang yang terkena serangan jantung, seorang atlet secara tidak sengaja menabrak atlet lain dalam pertandingan—seringkali kasus ini mengakibatkan luka dalam tubuh yang tidak segera terlihat dengan mata telanjang, dan tidak segera terdiagnosis sampai mereka tiba di fasilitas kesehatan (faskes) yang memiliki peralatan lengkap. Oleh karena itu, akan sangat membantu untuk melakukan skrining sebelum ke rumah sakit, misalnya perangkat skrining mobile seperti ultrasound yang tersedia di faskes primer dan bahkan di ambulans, sehingga paramedis atau tenaga medis profesional yang dikirim ke tempat kejadian dapat melakukan skrining dengan cepat dan mengirimkannya ke rumah sakit tempat pasien dirujuk dan meminta dokter di sana untuk mendiagnosis dan menyiapkan perawatan yang tepat segera setelah pasiennya tiba. Ini juga bisa membantu dokter memahami kapan pasien merasa sangat kesakitan, apa yang sebenarnya menyebabkannya dan bagaimana mengatasinya. "

 

Lumify, solusi ultrasound berbasis aplikasi dari Philips, membantu tenaga kesehatan membuat keputusan yang cepat dan tepat. Dengan rangkaian transduser point-of-care Lumify, para dokter di berbagai situasi dapat memanfaatkan setiap detik yang berharga tanpa harus membuang waktu dan mobilitas untuk mendapatkan alat ultrasound besar.

 

“Di Philips, kami memahami kekuatan yang dimiliki teknologi untuk membantu para praktisi kesehatan dan pasien, dan kami merancang dan menciptakan solusi inovatif yang dapat membantu mereka pada point-of-care," kata Suryo Suwignjo, Presiden Direktur Philips Indonesia. "Visi Philips untuk ultrasound berbasis aplikasi difokuskan untuk membuat perangkat berkualitas tinggi lebih banyak agar para profesional dapat melayani lebih banyak pasien di lebih banyak lokasi. Lumify memperluas jangkauan ultrasound dengan menciptakan koneksi yang lebih baik antara dokter dan pasien mereka, serta terus memberikan kualitas gambar yang luar biasa.”

Di Philips, kami memahami kekuatan yang dimiliki teknologi untuk membantu para praktisi kesehatan dan pasien, dan kami merancang dan menciptakan
solusi inovatif yang dapat membantu mereka pada point-of-care," kata Suryo Suwignjo, Presiden Direktur Philips Indonesia. "Visi Philips untuk ultrasound berbasis aplikasi difokuskan untuk membuat perangkat berkualitas tinggi lebih banyak agar para profesional dapat melayani lebih banyak pasien di lebih banyak lokasi. Lumify memperluas jangkauan ultrasound dengan menciptakan koneksi yang lebih baik antara dokter dan pasien mereka, serta terus memberikan kualitas gambar yang luar biasa.”

Ultrasound berbasis aplikasi – di mana saja, kapan saja

Sistem ultrasound portabel Philips Lumify terdiri dari satu set transduser ultrasound genggam yang terhubung melalui USB ke perangkat pintar Android yang kompatibel (Samsung Galaxy Tab, Samsung Galaxy S7 dan S8/ S8+, Panasonic Toughpad,  Nokia 6 dan beberapa smartphone dan tablet lainnya) untuk membantu para profesional kesehatan membuat keputusan yang cepat dan tepat dalam berbagai situasi. Lumify adalah perangkat ultrasound Philips pertama yang digunakan untuk keperluan pra-rumah sakit dan mendukung aplikasi klinis, termasuk di dalamnya pre-set pemeriksaan jantung, perut hingga paru-paru, OB/GYN (kandungan dan kebidanan), superfisial, vaskular, jaringan lunak, MSK, kandung empedu dan pemeriksaan FAST untuk membantu dokter dalam menilai berbagai kondisi, termasuk pendarahan dalam.

 

Fleksibilitas Lumify memungkinkan dokter memilih dan menyesuaikan tablet yang kompatibel untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tablet yang kompatibel ini juga bisa dipasangi informasi medis digital dan sumber daya, seperti informasi obat, panduan ultrasound dan tutorial mengenai penggunaan sistem.

Keadaan darurat bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan selalu mendadak,” kata dr. Pryambodho, SpAn-KAR dari RSCM. “Keadaaan darurat bisa jadi karena kecelakaan lalu lintas, seseorang yang terkena serangan jantung, seorang atlet secara tidak sengaja menabrak atlet lain dalam pertandingan—seringkali
kasus ini mengakibatkan luka dalam tubuh yang tidak segera terlihat dengan mata telanjang, dan tidak segera terdiagnosis sampai mereka tiba di fasilitas
kesehatan (faskes) yang memiliki peralatan lengkap. Oleh karena itu, akan sangat membantu untuk melakukan skrining sebelum ke rumah sakit."

Fleksibilitas Lumify memungkinkan dokter memilih dan menyesuaikan tablet yang kompatibel untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tablet yang kompatibel ini juga bisa dipasangi informasi medis digital dan sumber daya, seperti informasi obat, panduan ultrasound dan tutorial mengenai penggunaan sistem.

Tentang Royal Philips

Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) merupakan perusahaan teknologi kesehatan terkemuka yang berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat dan memungkinkan hasil yang lebih baik di sepanjang rangkaian layanan Kesehatan, mulai dari gaya hidup sehat dan pencegahan, diagnosis, pengobatan hingga perawatan di rumah. Philips memanfaatkan teknologi canggih serta pemahaman mendalam secara klinis maupun mengenai konsumen untuk memberikan solusi yang terintegrasi. Berkantor pusat di Belanda, perusahaan ini adalah pemimpin dalam pencitraan diagnostik, terapi image-guided, pemantuauan pasien dan informatika kesehatan, serta kesehatan konsumen dan perawatan di rumah. Philips mencapai penjualan pada tahun 2016 sebesar EUR 17,4 miliar dan mempekerjakan sekitar 71.000 karyawan dengan penjualan dan layanan pada lebih dari 100 negara.

Baca lengkapBaca ringkas

Topik

Kontak

Yulin Febrina

Yulin Febrina

Corporate Communications Manager

Tel: +628118440981

Bagikan di media sosial

You are about to visit a Philips global content page

Continue

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.