Pusat berita

Sep 28, 2018

Mari berjanji dan jaga komitmen Anda bersama Philips pada Hari Jantung Sedunia  

 

Philips dan Federasi Jantung Dunia mengajak semua orang berjanji menjaga jantung mereka dan jantung semua orang agar tetap sehat untuk membantu mencegah penyakit jantung

Jakarta, Indonesia – Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) pemimpin global dalam teknologi kesehatan dan mitra dari Federasi Jantung Dunia (World Heart Federation/WHF) mengajak semua orang untuk berjanji kepada dirinya untuk menjaga jantung dan jantung semua orang agar tetap sehat, dalam rangka Hari Jantung Sedunia yang jatuh pada 29 September 2018. Ini merupakan inisiatif tahunan untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) serta risiko-risiko terkait penyakit tersebut.   

 

Gaya hidup yang sibuk cenderung membuat kita mengonsumsi makanan sambil bepergian. Ini dapat mengakibatkan pemilihan makanan yang terkadang tinggi kalori, lemak, gula dan garam. Hasilnya, 39% dari orang dewasa berusia 18 tahun ke atas dikategorikan kelebihan berat badan dan dan 13% sebagai obesitas[1]. Ini bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, pembunuh nomor satu di dunia yang membunuh lebih dari 17.7 juta jiwa setiap tahun[2].

 

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan Indonesia tahun 2013 menemukan bahwa prevelensi penyakit jantung koroner (PJK) mencapai 2,1% dari total penduduk. Dari jumlah itu, 39% dari mereka berusia di bawah 44 tahun, dan 22% dari mereka berusia antara 15-35 tahun. Kementerian Kesehatan tahun 2016 menyatakan bahwa biaya penyakit jantung menghabiskan dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hingga Rp6,9 triliun per tahun.

Penyakit jantung merupakan penyakit degeneratif. Semua orang memiliki risiko untuk terkena penyakit jantung. Namun, sekarang makin banyak orang-orang muda yang sudah terkena sakit jantung, dan kebanyakan penyebabnya adalah gaya hidup, Sebetulnya ini bisa dicegah, selama Anda mau berkomitmen untuk menjaga jantung tetap sehat.

Dr. Antonia Anna Lukito

SpJP(K), FIHA FSCAI, FAPSIC dari Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia (PIKI) dan Pokja Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI)

Kerusakan pada arteri membutuhkan waktu lama sebelum menyebabkan gejala penyakit jatung. Namun, hal ini bisa terjadi pada usia muda, bahkan pada anak-anak. Obesitas dan gaya hidup tidak sehat menjadi faktor terbesar pada PJK, dan angka kejadiannya lebih banyak terjadi di kota ketimbang di desa. “Artinya, masyarakat perkotaan lebih rentan terhadap gaya hidup tidak sehat. Kalau kita tidak berusaha untuk hidup lebih sehat, jantung kita yang akan jadi korban.”

 

Pada Hari Jantung Sedunia, Philips bermitra dengan WHF untuk mengajak semua orang untuk berjanji kepada jantung. Janji kepada jantung merupakan perubahan kecil pada gaya hidup yang dapat memberikan perbedaan besar bagi kesehatan jantung kita, seperti makan makanan yang sehat dan seimbang, melakukan olahraga ringan selama 30 menit sehari atau berhenti merokok, dan dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular. Ambisi WHF adalah mendorong semua orang untuk meningkatkan kesehatan jantung mereka sendiri, dan untuk membantu meningkatkan kesehatan jantung orang lain.

 

Dr. Antonia memberikan beberapa tips untuk mencegah penyakit jantung dan merawat kesehatan jantung, dengan membiasakan gaya hidup sehat dimulai dari keluarga sejak anak hingga dewasa.

 

“Caranya dapat dimulai dengan membiasakan anak bermain di luar rumah atau yang bersifat bergerak. Hindarkan anak remaja untuk duduk seharian, dan awasi penggunaan gawai secara bijaksana. Jaga berat badan ideal, jauhi rokok, dan beristirahatlah dengan cukup. Periksa kesehatan secara berkala walaupun tidak ada keluhan atau gejala penyakit. Yang tak kalah penting, konsumsi makanan sehat berserat serta bergizi seimbang.”

 

Salah satu kunci untuk jantung yang sehat adalah pola makan yang sehat dan bergizi; tetapi ini bukan berarti kita tidak bisa lagi menikmati hidangan lezat yang kita sukai. 

Di Philips, kami percaya bahwa makanan dan minuman fondasi dari kehidupan yang sehat. Masakan rumahan yang dbuat sendiri memiliki kekuatan yang tidak tertandingi dalam meningkatkan kesehatan dengan memberi kita kontrol penuh atas bahan yang digunakan dan karenanya, menjaga kualitas makanan. Terlebih lagi, memasak dan makan makanan buatan sendiri menambah keakraban dalam keluarga dan sesama, mengeratkan hubungan dan membangun rutinitas sehat seumur hidup, Kami sepenuhnya mendukung upaya WHF dalam Hari Jantung Sedunia 2018 ini, untuk menciptakan kesadaran yang lebih luas mengenai faktor risiko penyakit kardiovaskular yang semakin mendesak.

Yongky Sentosa

Head of Personal Health, Philips Indonesia

Peralatan dapur Philips dirancang untuk menyiapkan makanan yang bergizi dan lezat di rumah dengan lebih mudah, membantu siapapun untuk memiliki pola makan yang seimbang dan bergizi. Penelitian menunjukkan bahwa 82% orang berkeinginan untuk membeli peralatan yang membantu mereka menyiapkan makanan sehat[3]. Dua dari tiga orang dewasa berjuang untuk mengelola tiga atau empat porsi buah dan sayuran setiap hari[4]. Philips menyadari bahwa buah dan sayuran merupakan bagian integral dari pola makan seimbang. Untuk itu, Philips menghadirkan rangkaian slow juicer dan blender untuk memulai pagi Anda.

 

Philips Airfryer HD9623 hadir dengan teknologi TurboStar, semua makanan terpapar dengan panas yang konstan selama proses memasak. Hasilnya adalah makanan yang digoreng secara merata - tanpa perlu proses dibolak-balik - bahkan ketika makanan ditumpuk. Selain aliran udara panas, suhu panas kuat yang mengalir dari bagian atas dapat dengan cepat membuat makanan cepat garing dengan hasil coklat keemasan yang lezat. “Renyah di luar, lembut di bagian dalam.”

 

Dalam Hari Jantung Sedunia 2018, Philips dan WHF mendorong semua orang untuk berjanji dan menjaga komitmen Anda. Sebuah janji yang dapat dibuat dan ditepati oleh siapapun dan akan membantu kita mencapai tujuan utama: kesehatan jantung bagi semua orang. Untuk membuat janji Anda dan mendukung kesehatan jantung Hari Jantung Sedunia ini, kunjungi http://www.worldheart.org dan bagikan janji Anda di media sosial menggunakan tagar #WorldHeartDay dan beri tag www.facebook.com/worldheartfederation dan saluran media sosial Philips.

Tentang Royal Philips

 

Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) merupakan perusahaan teknologi kesehatan terkemuka yang berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat dan memungkinkan hasil yang lebih baik di sepanjang rangkaian layanan kesehatan, mulai dari gaya hidup sehat dan pencegahan, diagnosis, pengobatan hingga perawatan di rumah. Philips memanfaatkan teknologi canggih serta pemahaman mendalam secara klinis maupun mengenai konsumen untuk memberikan solusi yang terintegrasi. Perusahaan ini adalah pemimpin dalam pencitraan diagnostik, terapi dipandu citra, pemantauan pasien dan informatika kesehatan, serta kesehatan konsumen dan perawatan di rumah. Berkantor pusat di Belanda, Philips mencapai penjualan pada tahun 2016 sebesar EUR 17,4 miliar dan mempekerjakan sekitar 71.000 karyawan dengan penjualan dan layanan pada lebih dari 100 negara. Berita tentang Philips dapat ditemukan di www.philips.com/newscenter.

Baca lengkapBaca ringkas

[1] World Health Organization: http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs311/en/

[2] World Health Organization Factsheet, July 2017 http://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/cardiovascular-diseases-(cvds)

[3] Early Buyer Study Airfryer, Philips USA, February 2016

[4] World Health Organization, 2015. Diet, nutrition and the prevention of chronic diseases: http://www.who.int/dietphysicalactivity/publications/trs916/en/

Topik

Kontak

Yulin Febrina

Yulin Febrina

Corporate Communications Manager

Tel: +628118440981

Bagikan di media sosial