Pusat berita | Indonesia

Sep 26, 2023

Philips Menandatangani Nota Kerja Sama dengan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Tentang Kemitraan Strategis untuk Program Keunggulan Pendidikan Kardiovaskular Guna Mendukung Pelayanan Kesehatan Bermutu  

Jakarta, Indonesia - Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA), pemimpin global dalam teknologi kesehatan hari ini menandatangani perjanjian kerja sama strategis dengan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita, di Jakarta. Penandatangan kerja sama ini dilakukan oleh DR. Dr. Iwan Dakota SpJP(K), MARS, FIHA, FESC,FACC, FSCAI, Direktur Utama RSJPD Harapan Kita Jakarta dengan Astri Ramayanti Dharmawan, Presiden Direktur PT Philips Indonesia Commercial serta disaksikan oleh jajaran Direktur RSJPD Harapan Kita dan Mark Stoffels, Global Business Unit Leader Philips. Kerja sama ini akan berlangsung selama tiga tahun, 2023 - 2026. Adapun tujuan utama dari kerja sama ini adalah guna meningkatkan kualitas penanganan kardiovaskular di RSJPD Harapan Kita dan jejaringannya di seluruh Indonesia.

 

Berdasarkan Global Burden of Disease dan Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), penyakit jantung telah menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia [1]. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dan 2018 menunjukan tren peningkatan penyakit jantung yakni 0,5% pada 2013 menjadi 1,5% pada 2018. Hal inilah yang menjadi salah satu pendorong terciptanya kerja sama antara Philips dengan RSJPDHK yang bersinergi untuk mendukung Pemerintah dalam melakukan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas layanan primer. 

Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan mitra-mitra yang mendukung misi utama RSJPD Harapan Kita dalam menyelanggarakan pelayanan, pendidikan dan penelitian berkualitas serta menjadi pengampu jejaring kardiovaskular di Indonesia. Melalui berbagai pelatihan teknologi solusi terkini, serta penempatan alat-alat kesehatan yang dapat menunjang pelayanan kesehatan diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan bermutu sehinga dapat setara dengan rumah sakit di wilayah Asia,”

Dr. dr. Iwan Dakota SpJP(K)

MARS, FIHA, FESC, FACC, FSCAI, Direktur Utama Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Sebagai Pusat Jantung Nasional (National Cardiovascular Centre), selain menyediakan pelayanan kesehatan jantung, RSJPD Harapan Kita juga dikembangkan sebagai wahana pendidikan serta pelatihan, dan penelitian dalam bidang kesehatan kardiovaskular. Berbagai upaya dalam menciptakan Good Corporate Governance, yakni: transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban dan kewajaran. Salah satunya dengan meningkatkan mutu layanan penanganan penyakit jantung, seperti yang diprioritaskan oleh Pemerintah.

Philips sebagai pemimpin di bidang teknologi kesehatan, mendukung RSJPD Harapan Kita dengan memberikan berbagai pelatihan terkait teknologi dan solusi terkini. Astri Ramayanti Dharmawan, President Direktur PT Philips Indonesia Commercial, mengatakan kerja sama strategis ini sesuai dengan komitmen yang dianut oleh perusahaan. “Seiring dengan meningkatnya angka penyakit kardiovaskular di Indonesia, para tenaga kesehatan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan bermutu dengan lebih efektif dan efisien. Melalui kerja sama ini, para tenaga kesehatan akan dapat melakukan berbagai prosedur inovatif dan manajemen pasien yang lebih dapat dipersonalisasi sehingga dapat memberikan perawatan kardiovaskular yang lebih baik.” 

Sebagai perusahaan terdepan dalam teknologi kesehatan, Philips memiliki solusi terintegrasi terkait kardiovaskular, seperti Cathlab, IVUS, Echocardiography,  MR  dan CT Cardiac  serta Cardiology Informatic yang dapat menunjang kinerja alat dan tenaga kesehatan. Melalui teknologi dan solusinya, Philips berkomitmen untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi yang bermakna.

 

Diharapkan melalui Kerjasama ini, RSJPD Harapan Kita beserta jejaringnya tidak hanya akan meningkatkan kualitas pelayanan tapi juga dapat memberikan hasil klinis yang lebih baik, menangani permasalahan pelayanan kesehatan terutama untuk penyakit Jantung dan pembuluh darah di Indonesia.

 

[1] https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220929/0541166/penyakit-jantung-penyebab-utama-kematian-kemenkes-perkuat-layanan-primer/

Tentang Royal Philips

Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) adalah perusahaan teknologi kesehatan terkemuka yang berfokus pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi yang bermakna. Inovasi Philips yang berpusat pada pasien dan manusia memanfaatkan teknologi canggih serta wawasan klinis dan konsumen yang mendalam untuk memberikan solusi kesehatan pribadi bagi konsumen dan solusi kesehatan profesional bagi penyedia layanan kesehatan dan pasien mereka di rumah sakit dan rumah. Berkantor pusat di Belanda, perusahaan ini adalah pemimpin dalam pencitraan diagnostik, ultrasound, terapi dengan panduan gambar, pemantauan dan informatika perusahaan, serta kesehatan pribadi. Philips menghasilkan penjualan pada tahun 2022 sebesar EUR 17,8 miliar dan mempekerjakan sekitar 71,500 karyawan dengan penjualan dan layanan di lebih dari 100 negara. Berita tentang Philips dapat ditemukan di www.philips.com/newscenter.

Baca lengkapBaca ringkas

Topik

Kontak

Yulin Febrina

Yulin Febrina

Corporate Communications Manager

Tel: +628118440981

Aset media

Bagikan di media sosial

You are about to visit a Philips global content page

Continue

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.