1

Waktu Baca: 5 Menit

Beranda ›› bayi Anda yang baru lahir: satu jam pertama setelah lahir

Beranda ›› bayi Anda yang baru lahir: satu jam pertama setelah lahir

Bayi Anda yang baru lahir: satu jam pertama setelah lahir

Menyusun rencana persalinan merupakan bagian penting dari persiapan kelahiran bayi Anda. Namun, salah satu area yang sering kali kurang dipikirkan orang adalah bagaimana menangani satu jam pertama setelah bayi mereka lahir. Siapa yang harus memotong tali pusarnya? Anda ingin bayi Anda ditaruh di atas perut Anda? Anda ingin bayi Anda dibersihkan sebelum menikmati bersentuhan kulit dengannya? Inilah semua pilihan yang harus Anda buat. Jelajahi pilihan Anda dan susun rencana sebelum membagikannya kepada pasangan dan penyedia layanan kesehatan Anda.

Salah satu keputusan terpenting yang bisa Anda buat adalah mengatur untuk menghabiskan sekitar satu jam pertama setelah kelahiran, untuk bersentuhan kulit dengan bayi Anda yang baru lahir.

Bersentuhan kulit


Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang dipeluk bersentuhan kulit memiliki detak jantung dan suhu tubuh yang lebih stabil, pernapasan yang lebih baik, kadar gula darah yang optimal, dan bahkan lebih jarang menangis.

Menurut para ahli, ada sembilan tahap yang bisa diharapkan jika bayi dipeluk bersentuhan kulit dengan ibunya setelah dilahirkan:

  1. Tangisan kelahiran terjadi segera setelah bayi dilahirkan dan paru-paru bayi Anda pun berkembang.

  2. Relaksasi terjadi dengan cepat dalam momen bersentuhan kulit antara bayi dan ibu, selagi bayi menyesuaikan diri dengan sekitarnya. Ini adalah periode singkat tanpa gerakan mulut maupun tangan dari bayi.

  3. Kesadaran mulai terjadi sekitar tiga menit setelah lahir, ketika bayi mulai menggerakkan kepala dan bahunya, membuka mata, dan mulai menggerak-gerakkan bibirnya sedikit.

  4. Sekitar delapan menit setelah bayi dilahirkan, terjadi peningkatan dalam aktivitas mulut dan mengisap, termasuk refleks rooting yang lebih jelas. Mata bayi akan mulai terbuka.

  5. Periode istirahat biasanya mengikuti periode aktivitas selama satu jam pertama.

  6. Gerakan merayap dimulai sekitar 35 menit setelah lahir. Bayi dapat menggunakan kaki dan lengannya untuk mendorong dirinya ke arah payudara.

  7. Gerakan merayap dimulai sekitar 35 menit setelah lahir. Bayi dapat menggunakan kaki dan lengannya untuk mendorong dirinya ke arah payudara.

  8. Sekitar satu jam setelah kelahiran, bayi melekatkan mulut secara naluriah dan mengisap payudara.

  9. Akhirnya, bayi memulai pemulihan dengan periode tidur.

Bayi akan menyelesaikan tahap-tahap ini sesuai kemampuan mereka masing-masing dan tidak boleh didorong, dipaksa, atau diburu-buru. Jika Anda diberi obat selama proses persalinan, bayi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tahapan-tahapan ini dan mulai menyusu.

Jika Anda berencana untuk menjalani operasi Caesar, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang kontak langsung bersentuhan kulit.

Aplikasi Philips Baby+

Aplikasi Baby+

Panduan & pelacak bayi Anda. Lacak perkembangan bayi Anda dan abadikan momen istimewa selamanya. Dapatkan aplikasi bayi yang mendukung ibu dan ayah!

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.