ID
EN
1

Merasakan tendangan pertama

 

Menunggu untuk merasakan tendangan bayi yang pertama kalinya bisa menjadi momen yang menyenangkan sekaligus mencemaskan. Si kecil akan mulai bergerak dari sekitar minggu ke-8 tetapi bobot mereka harus cukup agar Anda dapat merasakan dorongan dan tendangan kecil pertama itu.  

 

Kapan saya akan merasakan bayi saya bergerak?

 

Umumnya bayi bergerak untuk pertama kalinya sekitar 18-20 minggu tetapi Anda bisa merasakannya bergerak lebih awal, atau lebih lambat, tergantung pada posisi plasenta Anda dan jika ini adalah kehamilan pertama Anda.

Seperti apa rasanya ketika bayi saya bergerak?

 

Gerakan pertama bayi Anda bisa terasa seperti gelembung udara atau mulas di perut, sehingga mudah untuk salah mengiranya sebagai sesuatu yang lain. Saat bayi Anda tumbuh lebih besar dan lebih kuat, gerakan mereka akan diganti dengan beberapa tendangan disengaja ketika mereka berganti posisi di dalam rahim.

Seberapa sering bayi saya akan bergerak?

 

Bayi Anda akan berganti-ganti antara banyak bergerak dan beristirahat. Jadwal mereka sering tidak mengikuti jadwal Anda, dan mereka mungkin memutuskan untuk bangun dan menendang saat Anda akan tidur.

 

Merasakan bayi Anda bergerak untuk pertama kalinya dapat membuat kehamilan terasa lebih nyata. Ini adalah kesempatan bagus untuk menjalin ikatan dengan bayi Anda, karena mereka merespons suara dan sentuhan Anda.

 

Ini juga saat yang tepat bagi pasangan, teman, dan keluarga untuk menjalin ikatan dengan bayi dan merasakan tendangan berharga itu.

Apakah bayi saya akan memiliki pola gerakan?

 

Seiring waktu, Anda akan mulai mengenali pola gerakan bayi Anda yang biasa, dari jungkir balik setelah sarapan, hingga jeda sore saat gerakan Anda membuatnya mengantuk dan tertidur.


Kick Counter dalam aplikasi kami dapat membantu Anda dengan cepat dan mudah menghitung gerakan bayi Anda untuk membantu Anda mempelajari rutinitasnya.  


Mulai minggu ke-28, dokter dan bidan akan menyarankan Anda untuk mulai memantau gerakan bayi Anda dan mendiskusikan perubahan apa pun dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Gerakan bayi saya berubah, apa yang harus saya lakukan?

 

Setiap perubahan pada gerakan bayi Anda yang biasa, baik meningkat atau menurun, harus segera didiskusikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Tolong jangan menunggu sampai kontrol berikutnya.


Dengan mendiskusikan masalah apa pun yang ditemui, Anda dapat menerima dukungan dan saran yang dibutuhkan untuk menenangkan hati dan pikiran.


Anda mungkin diminta datang untuk kontrol, hal ini sangat umum. Dokter dan bidan akan mendengarkan detak jantung bayi dan Anda mungkin ditawari USG untuk memeriksa posisi si kecil. Dalam kebanyakan kasus, masalah jarang ditemui, tetapi kami imbau Anda untuk tetap memeriksakannya. 

 

Ditulis oleh Tim Health & Parenting

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.