Mar 18, 2022

Philips Indonesia Menekankan Pentingnya Kesehatan Mulut Sebagai Kunci Kesehatan Secara Menyeluruh


• Menjelang Hari Kesehatan Mulut Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret, Philips menyoroti perhatian pada pentingnya praktik perawatan kesehatan gigi dan mulut untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh

• Untuk mendukung kebersihan gigi dan mulut yang optimal, Philips meluncurkan sikat gigi elektrik Philips Sonicare 3000 Series, sikat gigi elektrik Sonicare 1000 Series, kepala sikat W2 Optimal White, dan kepala sikat C2 Optimal Plaque Defense.

Jakarta, Indonesia– Royal Philips’ (NYSE: PHG, AEX: PHIA) pemimpin global dalam teknologi kesehatan—menyoroti pentingnya kebersihan mulut dalam membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Gigi dan gusi yang sehat adalah kunci kesehatan secara menyeluruh karena mulut adalah “pintu masuk” bakteri dan virus ke dalam tubuh.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mulut merupakan indikator utama kesehatan, kesejahteraan, dan kualitas hidup secara menyeluruh. Kesehatan mulut pun diartikan oleh WHO sebagai keadaan bebas dari nyeri mulut dan wajah, kanker mulut dan tenggorokan, infeksi serta luka mulut, penyakit periodontal (gusi), kerusakan gigi, kehilangan gigi, serta penyakit dan berbagai gangguan lainnya. Kesehatan mulut yang terganggu dapat membatasi kapasitas individu dalam menggigit, mengunyah, tersenyum, berbicara, dan kesejahteraan psikososial.[1]

 

Sejumlah penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara kesehatan mulut yang buruk dan penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung dan stroke.[2][3] Sementara itu, kondisi gigi dan mulut yang buruk pada wanita hamil juga dapat menyebabkan persalinan prematur, berat badan lahir rendah, pre-eklamsia, gigi goyang, gigi berlubang, erosi, dan tumor kehamilan[4].

Bahayanya tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut, saat ini masih kurang diperhatikan oleh masyarakat luas. Padahal, mulut dan gigi adalah salah satu kunci untuk memiliki kesehatan tubuh yang menyeluruh dan optimal. Jika kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga, maka banyak penyakit yang mengintai, diantaranya seperti kanker mulut dan tenggorokan, kerusakan gigi, diabetes serta peningkatan risiko pada kehamilan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama di masa pandemi dimana virus dan bakteri lebih rentan masuk melalui mulut. Selain itu, dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut, asupan makanan dan minuman akan diproses lebih baik sehingga dapat diterima optimal oleh sistem pencernaan.”,  

jelas drg. Mirza M.A

Sp.KG

Kebersihan mulut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan secara menyeluruh. Kebiasaan menyikat gigi secara teratur dapat membantu mengurangi munculnya penyakit dan melindungi diri dari faktor risiko kardio-metabolik. Di Indonesia dilaporkan masalah kesehatan gigi dan mulut remaja meningkat prevalensinya dari 25% pada tahun 2013 menjadi 56% pada tahun 2018, dan 73% pernah menderita karies pada tahun 2018[5] . Hal ini membuktikan bahwa upaya peningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan mulut di masyarakat masih perlu ditingkatkan.
“Banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut seseorang, salah satunya adalah kebiasaan dan gaya hidup, seperti jarang menyikat gigi, tidak melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi, dan lain sebagainya. Maka itu, penting bagi orang tua membiasakan anak untuk menyikat gigi secara teratur sejak dini dan rutin memeriksa kesehatan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali, sehingga kebiasaan ini dapat dipertahankan hingga dewasa.”, ujar drg. Mirza M.A, Sp.KG. 
Dalam menyikat gigi, dibutuhkan ketelitian dan teknik yang tepat agar semua kotoran sisa makanan dan plak bisa hilang. Namun, terkadang ada area-area yang masih sulit dijangkau dengan sikat gigi biasa. Untuk mengatasi hal ini, Philips memperkenalkan Sonicare 1000 dan 3000 series, sikat gigi elektrik yang memberikan pengalaman pembersihan yang kuat namun lembut pada gigi dan gusi. Dengan Advanced Sonicare Technology, sikat gigi ini mampu menghilangkan plak hingga 3x lebih banyak daripada sikat gigi manual. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa sikat gigi elektrik mengurangi plak pada gigi lebih baik daripada sikat gigi biasa. Menggunakan sikat gigi elektrik menghasilkan 22% lebih sedikit resesi gusi dan 18% lebih sedikit kerusakan gigi selama 11 tahun. 
Philips Indonesia, dalam misinya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, terus berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mulut dengan berbagi wawasan dan menghadirkan produk kesehatan terbaik untuk menjadikan dunia yang lebih sehat dan berkelanjutan melalui inovasi. Produk yang kami bawa ke pasar, dirancang dengan teknologi tercanggih untuk membantu membersihkan gigi lebih baik dan efektif. Kami berharap solusi mutakhir kami dapat menjadi mitra terbaik bagi lebih banyak orang dalam mencapai kebersihan mulut dan kesehatan yang optimal.”

Pim Preesman

Presiden Direktur Philips Indonesia, mengatakan

 

Sikat gigi elektrik Philips Sonicare Seri 3000 dan Seri 1000 dilengkapi dengan teknologi SmarTimer 2 menit dan QuadPacer 30 detik sebagai pengatur waktu untuk pembersihan mulut yang menyeluruh. Sikat gigi ini memberikan hingga 31,000 getaran bulu sikat per menit yang kuat namun lembut di gigi dan gusi, menciptakan gelembung mikro di antara gigi dan di sepanjang garis gusi untuk memberikan sensasi menyegarkan bagi para penggunanya. Selain keunggulan dari desainnya yang ramping, ringan, dan ergonomis, daya tahan baterainya pun bertahan hingga 14 hari, sehingga dapat digunakan dalam waktu lama tanpa pengisian daya terus menerus. Selanjutnya, seri 3000 memiliki sensor tekanan internal yang dapat secara otomatis mendeteksi tekanan, memberikan peringatan, dan mengurangi getaran sikat gigi yang secara otomatis membantu melindungi gusi. Sikat gigi akan mengeluarkan suara sebagai pengingat untuk mengurangi tekanan. Menurut data Philips, 7 dari 10 orang menemukan bahwa fitur ini membantu mereka untuk menyikat gigi dengan lebih baik.


Selain sikat gigi elektrik, Philips memiliki kepala sikat untuk penggantian setiap 3 bulan. Bagi mereka yang khawatir dengan plak, Philips menawarkan Philips Sonicare C2 Optimal Plaque Defense. Versi baru dari ProResults Plaque Control ini menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang ingin menghilangkan plak secara optimal sebagai bagian dari rutinitas perawatan kesehatan mulut sehari-hari, karena dapat menghilangkan plak hingga 7x lebih banyak daripada sikat gigi manual. Menyadari bahwa kepala sikat menjadi kurang efektif setelah 3 bulan penggunaan, teknologi BrushSync™ akan mengingatkan pengguna sebelum waktu penggantian tersebut. Sikat gigi pintar ini juga melacak seberapa sering dan seberapa keras tekanan yang digunakan serta memberi tahu penggunanya kapan waktu untuk penggantian kepala sikat. Teknologi BrushSync™ juga memiliki fitur mode-pairing yang memungkinkan pengguna untuk memilih mode yang optimal secara personal, dan menentukan tingkat intensitas dalam menyikat gigi sehingga dapat membersihkan gigi dengan maksimal.


Selain teknologi dari Philips Sonicare C2 Optimal Plaque Defense, Philips juga memiliki Philips Sonicare W2 Optimal White yang tidak hanya dapat menghilangkan plak tetapi juga memutihkan gigi. Kepala sikat ini hadir dengan bulu sikat berbentuk berlian yang dapat membuat gigi lebih putih 100% hanya dalam 1 minggu.


Semua kepala sikat Philips Sonicare telah menjalani pengujian ketat untuk keamanan dan penggunaan yang lembut pada gigi dan gusi. Pengujian kepala sikat bertujuan untuk memastikan daya tahan dan kinerja yang luar biasa setiap menyikat gigi. Jadi, segera ganti sikat gigi manual Anda dengan Philips Sonicare! 

[1] https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/oral-health

[2] Dietrich T, Garcia RI. Associations between periodontal disease and systemic disease: Evaluating the strength of the evidence. J. Periodontol 2005;76:2175-2184.[3] Barnett ML. The oral-systemic disease connection. An update for the practicing dentist. J AM Dent Assoc 2006: 137 (suppl): 5S-6S.[4] https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6883753/

[5] https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/33501697/

[6] https://www.dentalhealth.org/news/electric-toothbrushes-win-the-head-to-head-against-manual-in-record-breaking-new-study

Tentang Royal Philips

Royal Philips (NYSE: PHG, AEX: PHIA) merupakan perusahaan teknologi kesehatan terkemuka yang berfokus pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dan memungkinkan hasil yang lebih baik di sepanjang rangkaian layanan kesehatan, mulai dari gaya hidup sehat dan pencegahan, diagnosis, pengobatan hingga perawatan di rumah. Philips memanfaatkan teknologi canggih serta pemahaman mendalam secara klinis maupun mengenai konsumen untuk memberikan solusi yang terintegrasi. Berkantor pusat di Belanda, perusahaan ini adalah pemimpin dalam pencitraan diagnostik, terapi dipandu citra, pemantauan pasien dan informatika kesehatan, serta kesehatan konsumen dan perawatan di rumah. Philips mencapai penjualan pada tahun 2021 sebesar EUR 17,2 miliar EUR dan mempekerjakan sekitar 78.000 karyawan dengan penjualan dan layanan pada lebih dari 100 negara. Berita tentang Philips dapat ditemukan di www.philips.com/newscenter

Baca lengkapBaca ringkas

Topik

Kontak

Yulin Febrina

Yulin Febrina

Corporate Communications Manager

Tel: +628118440981

Aset media

Bagikan di media sosial

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.