ID
EN
1

Bisakah saya mewarnai rambut selama kehamilan?

 

Apakah rambut boleh dikeriting dan diwarnai selama kehamilan? Jawabannya tergantung pada siapa Anda bertanya karena jawabannya bisa bervariasi. Ada yang berpendapat pewarna rambut aman selama tidak menyentuh kulit kepala, sementara yang lain percaya bahwa semua jenis pewarna rambut atau perawatan rambut tidak aman. Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Haruskah Anda mengurangi rutinitas kecantikan atau bolehkah mewarnai atau mengeriting rambut selama kehamilan?

 

Fakta

 

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang akurat yang secara langsung menghubungkan pewarna rambut atau bahan kimia yang digunakan dengan gangguan pada janin selama kehamilan. Meskipun demikian, bahan kimia yang digunakan dalam pewarna rambut dan pengeritingan telah terbukti menyebabkan kanker dan kelainan genetik pada penelitian pada hewan jika digunakan dalam dosis tinggi (50 kali jumlah yang digunakan di salon). 

 

Menggunakan setiap dan semua bahan kimia yang tidak perlu selama kehamilan - terutama pada kulit kepala yang menyerap bahan kimia ke dalam aliran darah - harus dihindari bila memungkinkan. Tetapi Anda bisa memberi highlight pada rambut, atau mengeriting rambut belum pernah terbukti menyebabkan kerusakan dan banyak wanita memilih untuk tetap melakukan perawatan rambut selama kehamilan. Lakukan apa yang dirasa paling baik untuk Anda. 

Rambut Anda, pilihan Anda

 

Beberapa wanita lebih percaya diri dengan rambut yang diwarnai. Menariknya, para profesional kesehatan percaya bahwa wanita hamil terpapar lebih banyak bahan kimia berbahaya dari polusi sehari-hari dibandingkan ketika mereka mewarnai rambut secara cepat atau permanen.

Perubahan pada rambut selama kehamilan

 

Mungkin pertanyaan sebenarnya adalah: bagaimana reaksi rambut Anda? Hormon akan mengubah rambut, kulit, dan kuku Anda secara drastis selama kehamilan. Anda dapat mengeriting rambut, tetapi mungkin hasilnya akan berbeda dari sebelumnya. Atau warna cat rambut kurang keluar tidak seperti sebelum hamil. Banyak wanita yang telah mengeriting dan mewarnai rambut sepanjang hidupnya terkejut karena rambut mereka di masa kehamilan tidak lagi cocok dengan prosedur tersebut. 

Tanyakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda 

 

Salah satu pilihannya adalah menggunakan cat dan perawatan rambut yang organik dan semi permanen. Metode ini mungkin tidak tahan lama, tetapi mungkin cukup untuk perawatan selama kehamilan. Jika Anda memiliki kekhawatiran, selalu bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda dan informasi dari mereka dapat membantu Anda mengambil keputusan. Apakah Anda mengalami masalah rambut yang serius selama kehamilan? Apakah Anda menggunakan cat rambut atau mengeriting rambut?

 

Ditulis oleh Tim Health & Parenting

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.