ID
EN

    Ketahanan, performa, dan keandalan di Reli Dakar 2019


    Xavier de Soultrait, pengendara sepeda motor reli yang disponsori oleh produk lampu otomotif Philips, berbicara kepada kami tentang apa yang diperlukan untuk bersaing dalam Reli Dakar yang legendaris. 


    Berlatih dengan keras untuk salah satu reli terberat di dunia 

    “Kami memiliki program latihan inti yang sama seperti semua atlet - bersepeda, lari, renang, binaraga - yang disesuaikan dengan tuntutan fisik yang diberikan kepada kami. Di Dakar, hari-hari berjalan lama dan penuh aksi. Kami bangun jam 3 pagi dan kemudian berkendara dua jam untuk mencapai awal “Special”. Special berlangsung 4 hingga 5 jam di bawah terik matahari. Sangat panas dan sangat keras secara fisik. Sulit juga secara mental. Dakar berlangsung selama 10 hari, dan kami harus menempuh jarak antara 500 dan 600 kilometer. Itu sebabnya ini juga salah satu balapan terberat di dunia. Anda harus terus berjuang sampai akhir, karena sering kali beberapa hari terakhirlah yang menentukan siapa yang menang dan kalah. Saya juga fokus pada navigasi saat berkompetisi, ini adalah keahlian saya. Saya menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk melatih keterampilan navigasi saya. Di Peru, terkadang mudah untuk tersesat di hamparan gurun yang luas, atau melewati lembah yang salah dapat menghabiskan waktu Anda yang berharga. Navigasi cukup kompleks. Sangat memudahkan jika ada trek. Namun, jika tidak ada, Anda harus mengikuti jalur yang ditunjukkan di peta jalan, di lingkungan yang tidak bersahabat dan Anda tidak bisa berkendara dalam garis lurus. Itulah kesulitannya, menemukan check point. Dan selagi harus bernavigasi, Anda tetap harus bergerak cepat!


    Mekanik dan tim yang hebat

    Melewati garis finis saja sudah merupakan kemenangan tersendiri. Apa yang benar-benar diperhitungkan dalam reli ini adalah seberapa jauh kendaraan dapat bertahan mengalami kerusakan. Mengganti mesin berarti penalti 15 menit; dua kali penggantian mengorbankan waktu satu jam. Jadi, teknologi kendaraan juga harus tangguh, tahan lama, dan efektif. Tiga mekanik bekerja bersama satu tim lengkap: seorang teknisi untuk sistem elektronik sepeda motor yang mengontrol berbagai hal seperti campuran bahan bakar pada ketinggian dan suhu yang berbeda, seorang manajer mesin, dan seorang spesialis suspensi. Setiap pengendara memiliki mekanik khusus untuk menangani perawatan harian. Kami sering kali menggunakan lampu bengkel. Pertama, karena kami bisa tiba larut malam sebelum babak dimulai. Kedua, para mekanik terkadang harus memperbaiki sepeda motor sepanjang malam. Lampu bengkel profesional Philips sangatlah hebat: sangat tangguh, mudah digunakan, terutama untuk lampu depan yang sering kami gunakan, dan suhu warna putihnya memungkinkan kami melihat apa yang sedang kami kerjakan. Sering kali kami melakukan apa yang kami sebut “liaison” selama beberapa jam dalam kegelapan, yang berarti berangkat dari tempat kami berkemah semalaman untuk mencapai awal babak. Dalam situasi ini, pencahayaan sangatlah penting. Jalanan sering kali sempit dengan hewan liar dan banyak rintangan. Baik Anda maupun sepeda motor harus mencapai garis start Special dengan aman dan selamat. Kami melengkapi truk bantuan teknis yang besar dengan Philips MasterDuty, bola lampu depan 24V dengan ketahanan getaran tinggi dan masa pakai yang lebih lama. Di Amerika Selatan, truk ini dapat menempuh jarak yang sangat jauh, terkadang di jalur reli itu sendiri. 


    Memenangkan babak

    Memenangkan babak sangatlah luar biasa. Meski secara strategis, ini bukan selalu cara terbaik untuk memenangkan pertandingan. Ketika Anda menang dalam satu babak, Anda memulai babak berikutnya di paling depan, yang berarti Anda adalah orang yang harus merintis jejak dan membuka rute. Tentu saja, hal ini mempermudah pesaing di belakang Anda, sementara Anda sendiri dapat kehilangan banyak waktu dalam peringkat. Apa yang disebut dengan “fesh-fesh” juga sangat menyulitkan. Ini adalah debu sangat halus yang dapat menggelincirkan sepeda motor. Anda tidak tahu apa yang ada di bawahnya, seperti batu-batu yang dapat menusuk ban atau membuat Anda jatuh. Babak yang saya menangkan, babak ketiga, adalah momen terbesar saya di Dakar. Itu adalah kemenangan babak resmi pertama saya!”

    Navigasi atau cara agar tidak tersesat di padang pasir
    Saya juga fokus pada navigasi saat berkompetisi, ini adalah keahlian saya. Saya menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk melatih keterampilan navigasi saya. Saya banyak melakukan navigasi di gurun Maroko atau Amerika Selatan. Tujuannya adalah agar dapat merasakan semua lokasi, dan jika Dakar berikutnya berlangsung di lokasi tempat saya pernah berlatih, makan akan jauh lebih baik! Mengetahui cara bernavigasi adalah bagian dari keseluruhan strategi balapan di Dakar.
    Di Peru, terkadang mudah untuk tersesat di hamparan gurun yang luas, atau melewati lembah yang salah dapat menghabiskan waktu Anda yang berharga. Navigasi cukup kompleks. Sangat memudahkan jika ada trek. Namun, jika tidak ada, Anda harus mengikuti jalur yang ditunjukkan di pedoman perjalanan, di lingkungan yang tidak bersahabat dan Anda tidak bisa berkendara dalam garis lurus. Itulah kesulitannya, menemukan check point. Dan selagi harus bernavigasi, Anda tetap harus bergerak cepat!
    Setiap malam, Anda harus membaca peta jalan; saya membutuhkan waktu antara 4 hingga 5 jam. Setelah menerima peta jalan, perlu diubah menjadi penunjuk arah GPS. Kemudian, Anda harus mempersiapkan babak berikutnya dengan hati-hati. Misalnya, mengetahui jenis dan konsistensi tanah akan memudahkan Anda dalam memilih ban. Makin banyak informasi yang Anda miliki, makin baik performa Anda di lapangan. Saya sering melakukan pengintaian di lapangan.


    Suplai di jalan 
    Terkait suplai, kami memiliki 3 liter air dan 3 liter makanan cair, selain 3 liter air di sepeda motor, untuk keadaan darurat. Makanan cair terdiri dari bubuk yang dicampur dengan air, seperti para pelaut yang mengemudikan kapal pesiar balap mereka. Saya juga membawa nutrition bar di saku saya. Setiap 200 kilometer terdapat titik pengisian bahan bakar; kami menggunakan 12 hingga 13 liter bahan bakar per 100 kilometer di tanah lunak (kami memiliki sekitar 30 liter bahan bakar di sepeda motor, dan kami harus dapat berkendara sejauh 200 km). Secara pribadi, saya minum 6 hingga 7 liter air sehari.

    Passion sebenarnya 
    Orang tua dan kakek nenek saya pengendara sepeda motor. Ayah saya berkompetisi di beberapa balapan regional. Jadi, kami punya sepeda motor di rumah. Lambat laun, saya dan kedua saudara laki-laki saya juga melakukannya. Hingga akhirnya menjadi passion saya: satu-satunya yang saya pikirkan adalah mengendarai sepeda motor dan balapan. Saya melakukan pekerjaan serabutan selama liburan dan akhir pekan untuk membayar biaya sepeda motor, peralatan, dan balapan saya. Saya akhirnya mengikuti kejuaraan Prancis, lalu kejuaraan Eropa, dan kemudian Enduro. Terakhir, Reli Dakar. Setelah balapan kedua saya, Yamaha mengenali saya dan saya kemudian bergabung dengan tim resmi.
    Saya telah memimpikan Dakar sejak saya masih muda, sejak saya menontonnya di televisi. Saya tidak pernah membayangkan akan melakukannya suatu hari nanti. Inilah yang saya lakukan sekarang, bersama para pembalap terbaik di dunia, dan saya bahkan memenangkan satu babak!


    Memahami dan mengatasi bahaya
    Di Dakar, kami melaju sangat cepat. Kita semua tahu Dakar tidaklah mudah dan kecelakaan bisa terjadi dengan sangat cepat. Tahun lalu setelah terjatuh, siku saya patah menjadi 6 bagian. Karena bersemangat, saya tidak menyadarinya. Tapi setelah 15 kilometer, saya harus menghadapi fakta dan meninggalkan reli.
    Ini tentang kemenangan, tetapi tidak dengan harga berapa pun. Anda jauh dari bantuan medis, dan ketika Anda mengalami kecelakaan, Anda berada di antah berantah: mereka harus datang dan menjemput Anda terlebih dahulu, kemudian baru bisa merawat Anda. Itu bisa memakan waktu. Jadi, Anda harus melaju cepat untuk memenangkan perlombaan, tetapi Anda harus tahu cara melindungi diri sendiri dan menghindari kecelakaan serius.
    Tanpa titik tetap untuk fokus di bukit pasir, beberapa pengendara, seperti saya, bisa menderita penyakit bukit pasir. Ini bisa sangat menyulitkan. Anda harus mengenali diri sendiri dengan sangat baik dan belajar bagaimana merawat diri. Terapi vestibular membantu saya menjaga keseimbangan di bukit pasir.


    Untuk mengetahui lebih lanjut, kunjungi: www.philips.com/xavier
    Sebagai perusahaan solusi pencahayaan terkemuka di industri otomotif, Lumileds memiliki lisensi untuk menggunakan merek Philips pada portofolio produk pencahayaan dan aksesori otomotifnya. Selama lebih dari 100 tahun, solusi pencahayaan bermerek Philips telah menjadi yang terdepan dalam teknologi pencahayaan otomotif. Inovasi desain yang tak tertandingi dan standar produksi yang ketat memastikan bahwa ketika Anda membeli produk Philips, Anda membeli kualitas.
     

    Tentang Lumileds 

    Bagi perusahaan otomotif, seluler, IoT, dan iluminasi yang membutuhkan solusi pencahayaan inovatif, Lumileds adalah pemimpin global yang mempekerjakan lebih dari 9.000 anggota tim yang beroperasi di lebih dari 65 negara. Lumileds bermitra dengan pelanggannya untuk melampaui batasan cahaya. 

    Untuk mempelajari lebih lanjut tentang portofolio solusi pencahayaan kami, kunjungi lumileds.com.

    Anda mungkin juga tertarik dengan:

    Temukan selengkapnya

    Tempat pembelian

    Tempat pembelian

    Beli produk otomotif Philips secara online atau di toko terdekat

    Dukungan otomotif

    Dukungan otomotif

    Apakah Anda perlu mengganti lampu depan Philips untuk mobil Anda?

    Dukungan otomotif

    Lampu otomotif Philips

    Kami berusaha mendobrak batasan teknologi dan mengembangkan teknologi berkendara yang lebih aman bagi semua pengguna jalan. Itulah sebabnya, kami mengajukan sekitar 50 paten baru setiap tahunnya.

    Bagaimana cara mengganti bola lampu depan?

    Cara mengganti bola lampu depan pada Peugeot 308

    Cara mengganti bola lampu depan pada Peugeot 308

    Cara mengganti bola lampu depan pada Range Rover Evoque

    Cara mengganti bola lampu depan pada Range Rover Evoque

    Cara mengganti bola lampu depan pada Mini Cooper Countryman

    Cara mengganti bola lampu depan pada Mini Cooper Countryman

    Cara mengganti bola lampu depan pada Volkswagen Golf VII

    Cara mengganti bola lampu depan pada Volkswagen Golf VII

    Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.