ID
EN
    mobil dengan lampu menyala

    Tingkatkan pencahayaan Anda dengan mudah


    Meski tersedia teknologi pencahayaan seperti Xenon dan LED, sebagian besar mobil di jalanan masih menggunakan lampu halogen. Pertanyaan tentang solusi pencahayaan yang lebih baik sering kali muncul dalam forum. Namun, ada berbagai cara sederhana dan legal untuk meningkatkan lampu depan halogen.

    Hanya dengan mengganti bola lampu, misalnya dengan H4 atau H7 X-tremeVision, dapat menghasilkan berkas cahaya hingga 130% lebih terang dan 45 meter lebih panjang. Berikut adalah deskripsi singkat tentang cara kerja bola lampu ini.

     

    Perbedaan antara lumen dan lux

    Lumen dan lux

    Gambar 1: Lumen dan lux

     

    Pancaran cahaya diukur dalam lumen. Pancaran cahaya adalah total jumlah cahaya yang dipancarkan bola lampu ke segala arah. Lux adalah intensitas cahaya yang sebenarnya menerangi jalan. Perbedaannya penting karena pancaran cahaya untuk setiap jenis bola lampu ditentukan dengan tepat dalam peraturan ECE dan hanya dapat bervariasi dalam toleransi yang sangat sempit. Misalnya, menurut ECE R37, bola lampu H7 12 V harus memiliki 1.500 lm +/-10%. Oleh karena itu, jika lebih banyak cahaya yang menerangi jalan, maka jumlah cahaya yang ada harus dimanfaatkan dengan lebih baik dan lebih efektif.

     

    Jarak penting antara 50 dan 75 meter

    Untuk lebih menerangi jalur pengemudi lebih jauh, sinar lampu dekat yang dirancang untuk lalu lintas jalur kanan akan menjadi lebih panjang di sisi kanan. Sinar lampu dekat asimetris ini juga dapat dilihat dengan jelas pada cut-off line yang lebih tinggi, saat kendaraan menghadap dinding berwarna terang dengan lampu depan yang dinyalakan. Yang penting di sini adalah bahwa jalan dengan jarak lebih dari 50 meter dapat diterangi seterang mungkin. Ini memungkinkan pengemudi melihat benda dan bahaya dalam waktu yang cukup lama dan bereaksi dengan sigap.

    Sinar lampu dekat asimetris

    Gambar 2: Sinar lampu dekat asimetris

     

    Titik pengukuran yang paling penting adalah:

    • 50V = 50 meter di depan kendaraan

    • 50R = 50 meter di tepi luar jalur lalu lintas (untuk lalu lintas lajur kanan)

    • 75R = 75 meter di tepi luar jalur lalu lintas (untuk lalu lintas lajur kanan)

     

    Nilai FOM (Figure of Merit) kini menjadi istilah yang umum digunakan untuk mengukur kualitas sinar lampu dekat. Ini dihitung dari jumlah intensitas cahaya di semua titik pengukuran, dengan titik pada 75 meter yang memuat beban dua kali lipat:

    • FOM [Lux] = Intensitas cahaya (2 x 75R + 50R + 50V)

     

    Makin tinggi FOM, makin baik cahayanya. Tentu saja, dengan asumsi bahwa nilai pencahayaan maksimum yang diizinkan (nilai kesilauan) tidak melebihi cut-off line.

     

    Cara kerja X-tremeVision

    Bola lampu seperti Philips X-tremeVision, yang lebih menerangi jalan, memiliki filamen yang lebih kecil tetapi lebih terang. Karena permukaan yang bercahaya lebih kecil, total jumlah cahaya tidak banyak berubah. Namun, lampu depan dapat menggunakan cahaya yang tersedia secara lebih efektif untuk mengarahkannya ke jarak yang dijelaskan di atas. Hasilnya adalah FOM yang lebih tinggi: Kecerahan hingga 130% lebih tinggi dan jangkauan hingga 45 meter lebih panjang. Tentu saja, ini selalu tergantung pada sistem lampu depan yang digunakan.

     

    Filamen yang lebih terang dan lebih panas juga menjadi alasan mengapa bola lampu yang sangat kuat ini selalu memiliki masa pakai yang lebih pendek daripada bola lampu standar. Philips menggunakan kaca kuarsa khusus yang tahan tekanan untuk semua bola lampunya. Tekanan pengisian gas yang sangat tinggi hingga 15 bar pada bola lampu setidaknya merupakan kompensasi parsial atas kekurangan masa pakainya yang singkat. 15 bar berhubungan dengan tekanan saat bola lampu dingin. Saat beroperasi, tekanan di dalam bola lampu kaca mencapai tiga kali lebih besar.

     

    Terakhir, catatan tentang pemasangan bola lampu

    Sering kali kita diperingatkan untuk tidak menyentuh bola lampu halogen dengan tangan kosong, tetapi masalah terbesar di sini bukanlah minyak yang dapat membakar kaca dan menyebabkan kerusakan, karena hal ini memerlukan tingkat kontaminasi yang sangat tinggi. Yang jauh lebih buruk adalah jumlah kontaminan terkecil sekalipun yang menguap di lampu depan dan mengendap di permukaan kaca yang sensitif. Hal ini dapat menyebabkan lapisan endapan yang relatif cepat terbentuk dan akan memengaruhi kualitas pencahayaan di beberapa titik. Oleh karena itu, yang terbaik adalah untuk selalu memakai sarung tangan yang sesuai.

    Anda mungkin juga tertarik dengan:

    Temukan selengkapnya

    Tempat pembelian

    Tempat pembelian

    Beli produk otomotif Philips secara online atau di toko terdekat

    Dukungan otomotif

    Dukungan otomotif

    Apakah Anda perlu mengganti lampu depan Philips untuk mobil Anda?

    Dukungan otomotif

    Lampu otomotif Philips

    Kami berusaha mendobrak batasan teknologi dan mengembangkan teknologi berkendara yang lebih aman bagi semua pengguna jalan. Itulah sebabnya, kami mengajukan sekitar 50 paten baru setiap tahunnya.

    Bagaimana cara mengganti bola lampu depan?

    Cara mengganti bola lampu depan pada Peugeot 308

    Cara mengganti bola lampu depan pada Peugeot 308

    Cara mengganti bola lampu depan pada Range Rover Evoque

    Cara mengganti bola lampu depan pada Range Rover Evoque

    Cara mengganti bola lampu depan pada Mini Cooper Countryman

    Cara mengganti bola lampu depan pada Mini Cooper Countryman

    Cara mengganti bola lampu depan pada Volkswagen Golf VII

    Cara mengganti bola lampu depan pada Volkswagen Golf VII

    Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.