Indonesia
Produk konsumen
Philips AVENT - Alergi Susu

Alergi susu

Meski sangat jarang, eksim, kolik, muntah-muntah, dan penurunan berat badan dapat disebabkan oleh alergi susu. Hal ini dapat mengkhawatirkan para ibu, jadi berikut adalah beberapa informasi dasar yang berguna. Namun, harap meminta saran dari profesional kesehatan apabila menurut Anda bayi memiliki alergi susu.

Philips AVENT - Alergi Susu

Gejala yang perlu diperhatikan:

  • masalah kulit
  • muntah
  • diare kronis
  • kolik
  • sakit perut
  • susah naik berat badan
  • berat badan turun
  • pertumbuhan terhambat

Bayi yang mengkonsumsi susu formula

Beberapa bayi dapat saja alergi pada protein yang terkandung dalam susu formula. Apabila profesional kesehatan berpendapat bahwa hal ini mungkin adalah penyebabnya, mereka mungkin akan mencoba memberikan makanan khusus bayi untuk melihat apakah gejala alergi menghilang.

Susu formula bayi hidrolisasi

Protein dalam formula ini sudah dipecah menjadi bentuk-bentuk yang lebih kecil, untuk menghindari respons alergi. Susu ini memiliki rasa yang tidak biasa - bayi yang lebih kecil umumnya siap mengonsumsi ini, namun bayi yang sudah agak besar mungkin tidak terlalu menyukainya.

Susu formula bayi asam amino

Apabila gejala tampak tidak membaik secara signifikan setelah mencoba susu formula bayi hidrolisasi, susu formula bayi asam amino bisa menjadi pilihan lainnya.

Susu formula kedelai

Kedelai adalah formula bebas susu, namun tidak disarankan kepada bayi usia di bawah enam bulan. Ini dikarenakan kedelai memiliki kandungan phytoestrogen tinggi dan dapat menyebabkan masalah hormonal, khususnya pada bayi yang masih kecil.

Untuk memastikan susu bayi menyediakan semua kebutuhan nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan yang optimal, konsultasikan kepada ahli diet yang terdaftar.

Bayi yang mengkonsumsi ASI

Sangat jarang ada bayi yang alergi dengan ASI. Namun, jika menurut Anda masalah kesehatan anak bersumber dari ASI, Anda bisa mencoba untuk tidak mengonsumsi makanan tertentu. Cobalah berhenti mengonsumsi ikan, sayur atau buah tertentu, makanan-makanan ini bisa diganti dengan makanan lain dari kelompok yang sama. Namun jika Anda ingin berhenti meminum susu dan produk susu, konsumsi suplemen kalsium (1250–1350mg setiap harinya).

Ingat, Anda harus mendiskusikan hal ini dengan ahli diet terdaftar untuk memastikan agar diet Anda tetap bergizi bagi Anda dan bayi.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.

Produk terkait

Saran terkait