Indonesia
Produk konsumen

Rutinitas bayi yang efektif bagi Anda

Memiliki bayi adalah peristiwa yang mengubah hidup. Minggu-minggu pertama bisa cukup menghebohkan selagi Anda dan bayi Anda menyesuaikan diri dengan kehidupan baru. Namun, selang beberapa waktu, membiasakan diri dengan hal yang rutin akan membantu kalian berdua.

Kedatangan bayi baru bisa cukup menantang dan melelahkan, sekalipun bayi Anda menghabiskan sebagian besar waktunya dengan tidur. Lalu ada pemberian ASI. Bayi baru lahir membutuhkan ASI rata-rata setiap tiga jam. Bayi Anda juga perlu waktu untuk membiasakan diri dengan pergantian siang dan malam, jadi pada tahap awal ini Anda tak perlu cemas tentang upaya membentuk kebiasaan rutin bayi yang tetap. Cukup pusatkan perhatian pada si kecil, memberikan ASI, membiasakan jam tidur, dan memastikan Anda cukup beristirahat dan menjaga kesehatan diri sendiri.

Setelah beberapa minggu, barulah Anda dapat memikirkan tentang membentuk kebiasaan rutin bayi. Ini akan membantu Anda merasa lebih memiliki kendali atas hidup Anda dan juga membantu si kecil merasa lebih aman. Sebagian besar bayi akan merasa lebih nyaman mengetahui kapan saatnya bermain, makan, atau tidur. Sedangkan bagi ibu, senang rasanya mengetahui bahwa Anda sesekali bisa memiliki waktu untuk diri sendiri.

Setiap bayi berbeda

Tidak ada benar atau salah dalam hal membentuk kebiasaan rutin bayi. Setiap bayi berbeda. Kendati demikian, memperkenalkan kebiasaan rutin jam tidur bayi merupakan permulaan yang baik. Di sore hari, saat bayi Anda berusia sekitar dua atau tiga bulan, cobalah memandikannya, memijatnya, menyusuinya, dan menyanyikan lagu atau senandung ninabobo. Saat si kecil mencapai usia enam bulan, Anda mungkin ingin memperkenalkan cerita dan boneka beruang untuk menemani waktu tidurnya. Anda dapat mengajak bayi Anda tidur lebih lama di malam hari dengan cara rutin menyusuinya di siang hari, dan malam hari, redupkan cahaya, hindari stimulasi berlebihan, dan hanya ganti popok bayi Anda bila diperlukan. Kebiasaan tidur yang baik akan menguntungkan orang tua maupun anak hingga bertahun-tahun ke depan.

Empeng

Empeng juga dapat membantu menenangkan bayi. Bayi memiliki naluri kuat untuk mengisap dan kegiatan mengisap tersebut secara alami menenangkan mereka. Cobalah memilih empeng ortodontik, yang lebih bagus untuk pertumbuhan gigi. Jangan lupa untuk rutin mensterilkan empeng dan selalu sterilkan jika terjatuh ke lantai.

Monitor bayi

Sekalipun disarankan agar bayi Anda tidur di kamar Anda selama enam bulan pertama, dalam buaian terpisah, adakalanya kalian tidak berada di kamar yang sama. Saat itulah monitor bayi yang baik dapat berguna. Cara ini membantu mengawasi bayi Anda tanpa harus bergegas setiap kali Anda mendengar suara. Dengan demikian, Anda dapat membiarkan bayi Anda terlebih dahulu tenang dengan sendirinya. Hal ini akan membantu membentuk kebiasaan tidur yang baik di kemudian hari.

Tidak ada aturan yang baku dan cepat

Ingatlah bahwa tidak ada panduan tertulis sehubungan dengan kebiasaan rutin bayi. Bayi Anda adalah seorang individu dan dibutuhkan waktu untuk mempelajari kebiasaan rutin seperti apa yang cocok bagi kalian berdua. Bukan hanya itu, sebagian orang tua menghendaki kebiasaan rutin yang tetap, sementara sebagian lainnya tidak tahu bagaimana harus mengatasi semuanya tanpa kebiasaan rutin. Ini bayi Anda, dan inilah waktu Anda sebagai ibu atau ayah. Jadi, ikuti naluri Anda, dan jangan ragu meminta saran bila membutuhkannya.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.

Produk terkait

Saran terkait