Indonesia
Produk konsumen
Philips AVENT - Menyapih si kecil

Menyapih si kecil

Orang tua akan sangat senang melihat betapa cepatnya bayi kecil mereka tumbuh besar. Mulai menyapih dengan makanan padat didampingi susu botol akan memberikan energi dan nutrisi ekstra yang diperlukan oleh bayi untuk terus tumbuh dengan sehat dan bahagia.

Philips AVENT - Menyapih si kecil

Apakah bayi saya siap mengonsumsi makanan padat?

Umumnya, setelah bulan pertama, berat badan bayi naik rata-rata 450 hingga 900 gram sebulan selama enam bulan pertama. ASI adalah makanan pertama yang ideal. Tetapi, sesudah tahapan ini, diperlukan susu botol dan makanan padat untuk membantu pertumbuhan bayi Anda agar berat badannya terus naik sekitar 450 gram per bulan.

Banyak bayi bisa menunggu hingga sekitar enam bulan sebelum mulai disapih dan pada usia ini mereka dapat mempelajari keahlian yang diperlukan untuk memakan makanan padat dengan sangat cepat. Akan tetapi, tingkat pertumbuhan bayi berbeda-beda dan bayi Anda mungkin sudah siap sebelum enam bulan. Pastikan untuk tidak memberi makanan selain susu kepada bayi Anda sebelum mereka berusia empat bulan, karena ginjal dan sistem pencernaan mereka belum sepenuhnya berkembang.

Mulai mengonsumsi makanan padat adalah tahap yang sangat menyenangkan, karena bayi Anda belajar menikmati beragam rasa baru.

Tanda-tanda anak Anda siap disapih:

  • Bayi Anda bisa duduk dengan ditopang dan memiliki kendali atas kepala mereka. Artinya, kemungkinan anak tersedak makanan padat menjadi lebih kecil
  • Bayi Anda akan mulai bereksplorasi dengan mengemut mainan dan benda-benda lain - tanda bahwa bayi Anda siap mencoba sensasi baru, seperti makanan
  • Si kecil akan memperhatikan Anda ketika Anda makan
  • Anda mungkin melihat bahwa bayi Anda menjadi kurang puas dengan hanya mengonsumsi susu

Jika Anda tidak yakin kapan harus mulai menyapih, mintalah saran dari ahli kesehatan. Anda juga bisa memberikan sendok sapih kepada bayi Anda untuk dipegang dan agar mereka terbiasa sebelum mulai memberikan makanan padat.

Terbangun di malam hari tidak selalu berarti lapar.

Jika bayi Anda mulai terbangun di malam hari padahal sebelumnya selalu tertidur pulas, bukan berarti itu tanda mereka lapar. Pola tidur bayi cenderung berubah di sekitar usia ini. Tahapan tidur bervariasi antara tidur pulas dan tidur ringan, dengan periode terbangun singkat ketika bayi bangun dan menangis meminta perhatian.

Bayi prematur

Tim medis perlu melakukan penilaian atas bayi prematur Anda sebelum mulai disapih. Lima hingga delapan bulan setelah tanggal lahir aktual bayi Anda kemungkinan menjadi waktu terbaik untuk mulai menyapih. Namun, akan lebih baik jika menunggu hingga tiga bulan setelah hari perkiraan lahir (HPL) agar koordinasi otot mulai berkembang. Bayi prematur di usia ini mungkin masih belum memiliki kendali kepala yang bagus, jadi pastikan kepala dan leher anak Anda ditopang dengan baik ketika sedang diberikan makanan padat.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.