ID
EN
1
Alergen yang ada di rumah - Tungau Debu

Alergen yang ada di rumah: Tungau debu

Dan bagaimana Philips dapat membantu

Bacaan 5 menit

Kami percaya selalu ada cara untuk membuat hidup lebih baik. Itulah sebabnya, kami berdedikasi untuk menciptakan solusi menyeluruh guna membantu meningkatkan kualitas udara di rumah, khususnya bila menyangkut alergen. Dalam artikel ini, kita akan membahas tungau debu, dan dengan bantuan Pemurni Udara Philips, Anda akan tahu cara menyingkirkan tungau debu dari rumah.

 

Jadi, apa sebenarnya tungau debu itu?

Sistem kekebalan tubuh Anda melindungi Anda dari penyerang asing, seperti bakteri, jamur, dan virus, yang dapat menyebabkan infeksi. Akan tetapi, jika Anda memiliki alergi, sistem kekebalan tubuh Anda akan keliru menilai suatu zat yang biasanya tak berbahaya bagi kebanyakan orang, lalu menganggapnya sebagai ancaman – dan menyerangnya. Salah satu zat ini adalah kotoran tungau debu.

 

Mari kita cermati bersama

Alergen dapat digolongkan menjadi alergen luar ruangan dan dalam ruangan. Tungau debu – atau lebih tepatnya protein dalam kotoran yang dihasilkan tungau debu – adalah contoh utama dari alergen dalam ruangan. Tungau debu hanya berukuran seperempat sampai sepertiga dari satu milimeter. Tungau ini terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang, tetapi di bawah mikroskop, kelihatan seperti kutu putih. Tungau ini memiliki delapan kaki, jadi mereka bukan serangga, melainkan artropoda, seperti laba-laba. Tungau debu bisa ditemukan di kasur, permadani, bantal, tempat tidur, atau perabot berlapis kain, yang berfungsi sebagai sarang mereka. Tungau ini kemudian menghasilkan alergen yang dapat tertahan di udara saat terkebas oleh gerakan, termasuk aktivitas manusia (seperti bersih-bersih, berjalan, dan menata tempat tidur) atau saat terkena aliran udara.[1]

 

Kapan munculnya?

Alergen tungau debu dapat ditemukan sepanjang tahun, tetapi lebih lazim pada musim panas dengan tingkat kelembapan yang tinggi.

 

Bagaimana cara menghindari tungau debu?

Tungau debu berkembang biak pada suhu 20-25 derajat Celcius. Mereka juga menyukai tingkat kelembapan udara antara 70-80 persen, jadi pada sebagian besar kasus, sebaiknya Anda menjaga tingkat kelembapan udara di rumah Anda sekitar 40-50 persen dengan menggunakan pengatur kelembapan udara atau AC.[3]

 

Karena tungau debu paling banyak ditemukan di kamar tidur, berikut ini beberapa petunjuk untuk menjauhkan tungau debu dari tempat tidur:

 

  • Bersihkan kasur secara teratur dengan penyedot debu penyaringan tinggi, mis. penyedot debu dengan filter HEPA
  • Cobalah menggunakan penghalang anti-alergen (disebut juga pembungkus anti-alergen) untuk kasur, bantal, dan guling untuk membantu melindungi Anda dari tungau debu
  • Cucilah seprai dengan air bersuhu 112F (60C) untuk mengurangi jumlah tungau debu dan tingkat alergen tungau debu
  • Pilih permadani yang bisa dicuci, lantai kayu, dan penutup jendela sebagai ganti gorden
  • Pindahkan ornamen, buku, dan majalah berdebu ke ruangan berbeda
  • Jangan biarkan anak-anak yang rentan terhadap reaksi alergi tidur di bagian bawah tempat tidur susun karena alergen bisa menjatuhi mereka[2][3]

 

Pemurni Udara Philips memiliki penyaringan multi-lapis canggih bawaan yang mampu menghilangkan 99,97% alergen yang ada di udara, seperti tungau debu. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana Anda dan keluarga Anda dapat menikmati udara yang bersih dan lebih sehat, cukup ikuti tautan ini.

 

Mari hirup bedanya, hari ini.

 

[1] www.aafa.org/dust-mite-allergy

[2] www.allergyuk.org/assets/000/001/243/House_Dust_Mite_original.pdf

[3] Portnoy J et al. Joint Taskforce on Practice Parameters; Practice Parameter Workgroup. Environmental assessment and exposure control of dust mites: a practice parameter. Ann Allergy Asthma Immunol. 2013.

Selengkapnya tentang artikel Kualitas udara

  • Alergen yang ada di rumah

    Alergen yang ada di rumah

    Baca
  • Serbuk

    Serbuk

    Baca
  • Alergen yang ada di rumah

    Alergen yang ada di rumah

    Baca
  • Alergen yang ada di rumah

    Alergen yang ada di rumah

    Baca
  • Alat pemurni udara dapat membantu mengurangi tingkat aerosol

    Alat pemurni udara dapat membantu mengurangi tingkat aerosol

    Baca

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.