1

Menjadikan rumah Anda lebih aman bagi bayi

Saat bayi Anda mulai merangkak, Anda harus berusaha menjaganya tetap aman karena rasa percaya dirinya akan meningkat dengan cepat untuk menjelajah. Bayi pasti akan terbentur dan terantuk sesekali, tetapi jika Anda tidak ingin menghabiskan seluruh waktu Anda dengan cemas mengikutinya, sebaiknya singkirkan potensi bahaya sebisa mungkin.

Merangkak di lantai


Cara paling efektif untuk menjadikan rumah Anda lebih aman bagi bayi adalah ikut merangkak di lantai agar Anda dapat melihat segala sesuatu yang dilihat oleh bayi Anda. Dari bawah, Anda akan dapat melihat stopkontak terbuka yang harus ditutup, merapikan kabel dan kawat yang menjurai agar bayi tidak terbelit, dan mengamankan barang-barang di bawah, misalnya lampu berdiri, yang harus diamankan. Bayi suka mengangkat badannya dari posisi duduk ke berdiri, jadi Anda juga perlu mengamankan berbagai perabot lain yang lebih besar, seperti rak buku dan laci.

Siapkan bantalan


Sediakan banyak alas dan bantalan. Ini sangat berguna sebagai penahan benturan untuk disandarkan pada kaki meja atau perabot bersudut tajam. Anda juga dapat membeli selotip busa pengaman bayi untuk mengurangi dampak benturan terhadap perabot berpinggiran keras.

Pintu keselamatan


Jika Anda memiliki tangga, pagar tangga yang kuat wajib dimiliki. Idealnya ditempatkan masing-masing satu di atas dan satu di bawah anak tangga. Jangan lupa menutupnya setiap kali Anda naik atau turun.

Praktik kamar mandi terbaik


Bayi Anda akan menggunakan mulut dan tangannya untuk menjelajah, jadi pastikan agar benda-benda yang tampak menarik untuk dimakan, seperti sampo dan krim, dijauhkan dari jangkauan atau wadahnya ditutup rapat. Simpan zat-zat beracun seperti pemutih pakaian dan produk pembersih dalam lemari terkunci. Toilet biasanya sangat menarik bagi bayi, dan mereka mungkin senang melemparkan mainannya ke dalam toilet dan berusaha memancingnya keluar dengan tangannya. Jaga pintu kamar mandi agar tetap tertutup bila memungkinkan dan jika bayi Anda sangat tertarik dengan toilet, pertimbangkan untuk membeli gembok dudukan toilet.

Akal sehat di dapur


Pasang gembok dan kaitan pengaman pada lemari dan laci rendah untuk menghindarkan jemari si kecil dari terjepit dan untuk mencegah cedera pada saat memindahkan barang berat, misalnya piring kaca atau panci. Namun, ingatlah bahwa pintu tertutup dan lemari terkunci bisa membuat bayi Anda yang penasaran sangat frustrasi. Setidaknya biarkan ada satu lemari yang bisa ia buka. Isi dengan beragam bentuk dan ukuran wadah plastik. Biasanya si penjelajah cilik akan sangat tertarik untuk mengeluarkan seluruh isinya ke lantai.

Saat memasak, jauhkan anak Anda dari pintu oven saat dalam kondisi panas. Gunakan bundaran yang ada di belakang kompor atau jauhkan pegangan panci dari Anda agar tidak dapat diraih oleh si pemilik tangan mungil. Selalu tempatkan minuman panas di permukaan yang tidak dapat dijangkau dan ditumpahkan.

Tentu saja, mustahil menjadikan rumah Anda benar-benar bebas dari kecelakaan, bahkan dengan menerapkan metode pengaman bayi yang paling ketat sekalipun. Jadi, pastikan Anda mengawasi si kecil dengan cermat di sepanjang petualangannya. Anda beruntung si kecil sangat menyenangkan untuk diamati.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.