1

Kesulitan umum dengan pemberian ASI

Membiasakan diri menyusui terkadang terasa sulit, namun makin Anda terbiasa rasanya akan makin mudah. Teruslah berusaha dan Anda akan memberikan permulaan yang paling baik bagi bayi Anda.

Rasa nyeri saat pemberian ASI


Kunci untuk menyusui adalah melekatnya mulut bayi dengan tepat pada payudara. Bayi Anda harus membuka mulut lebar-lebar dan memasukkan areola dan puting. Jika bentuk puting Anda berkerut setelah menyusui, mungkin pelekatannya kurang baik, dan jika terasa nyeri saat bayi Anda menyusu, kemungkinan besar karena ia tidak melekat dengan baik.

 

Dekatkan bayi Anda ke payudara Anda, bukan mendekatkan payudara Anda ke mulut bayi.

Pembengkakan


Kadang saat ASI Anda penuh, payudara Anda menjadi sangat sakit dan keras, sehingga sulit bagi bayi untuk melekat. Teruslah berusaha menyusuinya, karena itulah cara terbaik untuk mengosongkan payudara Anda. Untuk memudahkan bayi Anda melekat, Anda dapat berusaha memerah sedikit ASI sebelum bayi menyusu – baik menggunakan pompa maupun tangan. Cobalah memerahnya saat mandi berendam dengan air hangat.

 

Banyak wanita merasa bahwa kompres bergantian antara air hangat dan dingin membantu meredakan nyeri pembengkakan payudara – kompresan kubis dingin dari kulkas merupakan pilihan ideal, begitu pula botol air panas yang dibungkus handuk.

Mastitis


Mastitis adalah kondisi saat seluruh jaringan payudara Anda meradang, mungkin karena adanya saluran ASI yang tersumbat. Payudara Anda dapat menjadi sakit dan bengkak serta di beberapa tempat menjadi merah, dan Anda mengalami gejala semacam flu. Hal terbaik adalah terus menyusui bayi Anda, karena pembengkakan akan memperparah gejalanya, dan berusahalah beristirahat sebanyak mungkin. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter umum untuk mengetahui apakah Anda membutuhkan antibiotika atau mendiskusikan obat pereda nyeri yang sesuai.

Puting pecah-pecah/berdarah


Ini hampir pasti disebabkan oleh pelekatan yang salah; teruslah berusaha melekatkan bayi dengan benar. Mintalah bidan Anda mengamati, karena ia seharusnya mampu membantu Anda. Bicarakan dengan dokter umum tentang pereda nyeri yang aman diminum saat menyusui, atau cobalah menggunakan pelindung puting AVENT, yang dapat memberikan solusi langsung. Mengoleskan krim puting segera setelah menyusui juga merupakan ide bagus, dan hindari penggunaan sabun pada puting Anda saat mandi.

Guam


Jika Anda mengalami rasa nyeri yang menusuk saat menyusui dan semakin parah pada saat menyusui (kadang terus berlangsung sampai satu jam setelah selesai), Anda mungkin mengalami guam. Gejala lainnya adalah puting yang gatal atau sangat sensitif – bahkan terhadap pakaian. Puting Anda mungkin lebih merah muda atau mengilap daripada biasanya, dan langit-langit bayi Anda mungkin berbintik-bintik putih. Kalian berdua perlu diobati, jika tidak, infeksi tersebut akan menular di antara Anda dan bayi – segera kunjungi dokter umum.

Harap diketahui bahwa informasi yang diberikan dalam artikel ini hanya ditujukan sebagai saran umum dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti saran medis profesional. Apabila Anda atau keluarga atau anak Anda menderita gejala atau kondisi yang akut atau terus menerus, cari pertolongan medis profesional. Philips AVENT tidak bertanggung jawab atas segala kerugian akibat penggunaan informasi yang kami sediakan di situs web ini.

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.