1

Waktu Baca: 5 Menit

Beranda ›› Gejala awal kehamilan

Beranda ›› Gejala awal kehamilan

Gejala awal kehamilan

Anda tidak akan mengamati adanya gejala kehamilan apa pun sebelum implantasi terjadi. Implantasi adalah saat ketika sel telur yang telah dibuahi menempelkan diri pada dinding rahim Anda. Ini biasanya terjadi antara tujuh sampai 10 hari setelah pembuahan. Setelah embrio tertanam dalam rahim Anda, hormon kehamilan pun mulai diproduksi, kemudian Anda akan mulai mengamati terjadinya perubahan pada tubuh Anda.

Jika Anda menduga bahwa Anda sedang hamil, perhatikan gejala awal kehamilan berikut ini:

Terlambat menstruasi


Ini dianggap sebagai salah satu gejala awal kehamilan yang paling dapat diandalkan. Jika siklus menstruasi Anda rutin, dan Anda terlambat menstruasi, itu bisa merupakan petunjuk pertama bahwa Anda mungkin hamil.

Bercak Darah


Beberapa wanita menemukan bercak darah (pendarahan ringan) di sekitar periode implantasi. Bercak ini lebih ringan daripada periode menstruasi, sering kali hanya beberapa titik darah, dan cenderung berwarna coklat atau merah muda.

Mual


Setelah tubuh Anda mulai menghasilkan hormon kehamilan, Anda mungkin mulai mengalami mual dan morning sickness. Tidak seperti namanya, morning sickness dapat terjadi kapan pun sepanjang hari. Cobalah menghindari kadar gula darah rendah dengan makan dalam porsi kecil dan sering.

"Jika iklan TV sudah cukup untuk membuat Anda menangis atau Anda meneriaki pasangan Anda, ini bisa merupakan tanda bahwa hormon Anda sedang bekerja."

Sering keputihan


Keputihan yang kental, tanpa bau, mirip cairan susu ini tak perlu dikhawatirkan, tetapi Anda dapat mengenakan panty liner jika berkenan.

Merasa lelah


Rasa lelah dalam masa kehamilan awal bukan sekadar rasa lelah seperti kebanyakan nonton film sepanjang malam. Banyak ibu hamil merasakannya sebagai keletihan. Jika Anda merasa sulit bangun dari tempat tidur di pagi hari, terus-terusan menguap sepanjang rapat dengan klien, dan tertidur di sofa sebelum makan malam, Anda mungkin sedang mengalami keletihan masa kehamilan.

Peningkatan kepekaan indra penciuman


Beberapa wanita menyadari bahwa mereka sangat sensitif terhadap bau selama kehamilan, dan ini dapat mulai terasa bahkan sebelum kehamilan dipastikan. Beberapa wanita melaporkan bahwa mereka merasa tidak suka terhadap bau-bauan seperti bensin, detergen pakaian, dan rokok.

Merasa emosional


Saat tubuh Anda mulai menghasilkan hormon dengan cepat, Anda mungkin menyadari diri Anda merasa lebih emosional daripada biasanya. Jika Anda mendapati diri menangis hanya gara-gara menonton iklan, dan meneriaki pasangan Anda karena menggunakan spons pembersih yang salah, bisa jadi hormon kehamilan Anda sedang bergejolak.

Tidak semua wanita mengalami semua gejala di atas. Anda mungkin mengalami beberapa hal dan tidak mengalami yang lain, Anda mungkin tidak menemukan gejala apa pun, atau Anda mungkin mengalami semuanya tanpa ada satu pun yang terlewatkan. Setiap kehamilan itu unik, dan gejala-gejala Anda bisa berbeda dibandingkan ibu hamil lainnya. Jika Anda mengalami kehamilan lebih dari satu kali, Anda mungkin mengalami gejala awal kehamilan yang berbeda untuk setiap kehamilan.

Jika Anda curiga bahwa diri Anda hamil, cara paling akurat untuk memastikannya adalah melakukan tes kehamilan di rumah. Tunggu hingga jadwal menstruasi Anda lewat, karena ini meningkatkan akurasi hasil tes. Bacalah petunjuk dengan saksama dan ikuti dengan tepat saat melakukan tes. Semoga berhasil!

Aplikasi Philips Pregnancy+

Pregnancy+

Aplikasi ini mendukung orang tua dan bayi dalam kehamilan yang sehat dan aman, serta memberikan panduan menyeluruh melalui semua tahapan kehamilan.

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.