1

Waktu Baca: 5 Menit

    Beranda ›› Minggu ke-8 kehamilan

    Beranda ›› Minggu ke-8 kehamilan

    Minggu ke-8 kehamilan

    Apakah Anda mengandung bayi laki-laki atau perempuan?


    Meskipun jenis kelamin bayi Anda sudah ditetapkan pada saat pembuahan, Anda baru bisa mengetahuinya secara teknis pada minggu kedelapan (meskipun demikian, jangan mengharapkan jawaban sebelum melakukan USG atau tes darah). Dalam minggu kedelapan, organ reproduksi bayi mulai berkembang dan bayi Anda akan memiliki testis atau ovarium.

    Fitur Wajah


    Wajah bayi Anda mulai terbentuk dan lebih berkembang. Berbagai fitur mungil seperti bibir, ujung hidung, dan bahkan kelopak mata akan berkembang pada minggu ini. Jika Anda bisa mengintip ke dalam mulut bayi Anda, Anda bahkan mampu melihat lidah mungil dalam tahap perkembangan awal ini – beserta indra pengecapnya! Mata juga sedang berkembang cepat, termasuk perkembangan retina dan warna mata.

    Seberapa besar bayi Anda?


    Bayi Anda tidak lagi menyerupai udang dan mulai mengambil bentuk lebih mirip manusia dalam rahim, lengkap dengan pangkal leher di bawah kepalanya. Bayi Anda sekarang hanya berbobot seringan penjepit kertas, sekalipun Anda mungkin merasa sulit mempercayainya, dengan banyaknya ketidaknyamanan yang mungkin Anda rasakan sejauh ini. Bayi Anda menjadi jauh lebih aktif minggu ini – menyentak dan melompat – akan tetapi, masih terlalu dini bagi Anda untuk mampu merasakan berbagai gerakan ini.

    “Bayi Anda sekarang hanya berbobot seringan penjepit kertas, sekalipun Anda mungkin merasa sulit mempercayainya, dengan banyaknya ketidaknyamanan yang mungkin Anda rasakan sejauh ini.”

    Detak jantung bayi Anda


    Mungkin fitur paling menarik dari minggu kedelapan adalah detak jantung berdebar-debar yang dapat terlihat pada alat USG. Detak jantung ini, walaupun belum sempurna, merupakan pertanda yang bagus bahwa kehamilan Anda berjalan dengan baik.

    Tubuh Anda sedang berubah


    Rahim Anda telah berkembang hingga seukuran jeruk. Celana dalam Anda mungkin mulai terasa sesak. Mungkin, Anda belum memerlukan gaun hamil, sekalipun mengenakan kaos longgar dan celana olahraga panjang terasa lebih nyaman untuk bersantai. Pembesaran ukuran ini bisa mengakibatkan nyeri saraf atau punggung. Melakukan peregangan otot dan mulai mengikuti kelas senam yoga kehamilan bisa membantu badan Anda lebih mudah menyesuaikan diri.

    Sering keputihan


    Perubahan lain yang mungkin dimulai pada minggu ini adalah peningkatan lelehan dari leher rahim. Selama lelehan tersebut bening dan tak berbau, ini hanyalah salah satu dampak kehamilan. Ini disebabkan oleh peningkatan hormon dan akan berlanjut sepanjang kehamilan. Memang bisa terasa mengganggu, tetapi tidak banyak yang bisa Anda lakukan mengenainya. Mengenakan panty liner bisa membantu. Waspadai gejala jika Anda mengalami pertumbuhan jamur ragi atau infeksi vagina, dan segera temui dokter begitu Anda mencurigainya.

    Perubahan pada kulit


    Jerawat juga dapat menjadi bagian dari kehamilan. Ada banyak ibu hamil yang mengalami bercak kemerahan pada tubuh atau wajah mereka, juga karena hormon. Sebagian besar dari antaranya akan hilang setelah persalinan dan tidak perlu dikhawatirkan.

    Bayangkan … tinggal 32 minggu lagi! Jangan khawatir, waktu mungkin akan berlalu jauh lebih cepat dari yang Anda sangka.

    Aplikasi Philips Pregnancy+

    Pregnancy+

    Aplikasi ini mendukung orang tua dan bayi dalam kehamilan yang sehat dan aman, serta memberikan panduan menyeluruh melalui semua tahapan kehamilan.

    You are about to visit a Philips global content page

    You are about to visit the Philips USA website.

    Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.