1

Waktu Baca: 5 Menit

Beranda ›› Tolong, saya sudah lewat bulan

Beranda ›› Tolong, saya sudah lewat bulan

Tolong! Saya sudah lewat bulan

Anda telah menunggu sembilan bulan untuk momen ini – tetapi, sekarang hari perkiraan lahir bayi Anda sudah lewat. Hanya ada sekitar 5% bayi yang lahir pada hari perkiraan lahir mereka, tetapi mengetahui hal ini mungkin tidak akan membuat Anda merasa lebih baik.

Mengapa bayi saya belum lahir pada hari perkiraan lahirnya?


Ada beberapa penyebab mengapa hari perkiraan lahir bayi Anda tidak tepat. Misalnya, jika siklus haid Anda tidak teratur atau Anda tidak yakin kapan pembuahan terjadi, hari perkiraan lahir bayi Anda bisa lewat beberapa hari atau lebih. Meskipun Anda sudah melakukan USG untuk memperkirakan hari kelahiran, masih ada kemungkinan hari perkiraan lahir bayi Anda yang sudah dipastikan bisa menjadi tidak akurat.


Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa hari perkiraan lahir bayi hanyalah estimasi, dan didasarkan pada usia kandungan rata-rata. Faktanya, tidak ada periode kehamilan yang berlaku sama untuk semua orang; beberapa kehamilan bisa sedikit lebih lama atau lebih singkat dibanding yang lain.

Kehamilan dikategorikan sebagai berikut:

 

  • Bayi yang lahir sebelum usia kandungan 37 minggu dianggap prematur.
  • Bayi yang lahir dalam usia kandungan 37 hingga 42 minggu dianggap cukup bulan atau cukup waktu.
  • Bayi yang lahir setelah 42 minggu dianggap lebih bulan atau lewat waktu.

Apa yang harus saya lakukan?


Melewati waktu memang bisa membuat frustrasi. Anda mungkin sudah tak sabar ingin menggendong bayi Anda, ingin secepatnya mengakhiri masa kehamilan, atau sekadar ingin segera menyelesaikan persalinan. Jika Anda masih belum menyiapkan beberapa hal, sekaranglah waktunya. Membeli beberapa barang yang diperlukan, merapikan rumah, atau menyimpan makanan beku untuk persediaan pascapersalinan adalah cara-cara yang berguna untuk memanfaatkan waktu luang ini.

Mengisi waktu


Jika Anda bertanya-tanya apa yang harus Anda lakukan dalam kondisi hamil tua, cobalah mempertimbangkan saran-saran ini:

 

  • Tidur
    Pastikan Anda cukup istirahat. Anda pasti memerlukan tenaga untuk persalinan, jadi berusahalah tidur sebanyak mungkin. Jika Anda sulit tertidur, setidak-tidaknya pastikan bahwa Anda beristirahat.

 

  • Tetap aktif
    Meskipun demikian, jika Anda merasa kehilangan semangat karena lewat waktu, akan mudah bagi Anda untuk bermalas-malasan di sofa. Berusahalah untuk tetap aktif dengan jalan kaki singkat atau meneruskan rutinitas olahraga senam hamil Anda.

  • Bicaralah
    Jika Anda merasa frustrasi, lelah, atau tak bersemangat, bicaralah dengan pasangan, teman, dan keluarga Anda untuk mendapatkan dukungan.

  • Tanyalah profesional
    Tanyalah penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda khawatir tentang lewat waktu. Mereka akan mampu menenangkan Anda dan membahas berbagai pilihan Anda seiring berlalunya waktu dari hari ke hari.

 

Percayalah pada tubuh Anda


Percayalah bahwa bayi Anda akan lahir bila dia sudah siap. Sekalipun Anda mungkin sudah jenuh karena lewat waktu, bayi Anda mungkin sedang menyelesaikan tahapan terakhir dalam perkembangannya untuk siap menjalani kehidupan di luar rahim.

Jangan khawatir, Anda akan bertemu bayi Anda tak lama lagi.

Aplikasi Philips Pregnancy+

Pregnancy+

Aplikasi ini mendukung orang tua dan bayi dalam kehamilan yang sehat dan aman, serta memberikan panduan menyeluruh melalui semua tahapan kehamilan.

You are about to visit a Philips global content page

You are about to visit the Philips USA website.

Our site can best be viewed with the latest version of Microsoft Edge, Google Chrome or Firefox.