1
Panduan orang tua

Beranda ›› Kapan ASI Keluar: Pertanyaan-Pertanyaan Anda Terjawab 
Beranda ›› Kapan ASI Keluar: Pertanyaan-Pertanyaan Anda Terjawab 

Kapan ASI Keluar, Cara Memproduksi ASI

 

Bacaan 6 menit

 

Ketika dan setelah kehamilan, ibu-ibu mengalami beberapa perubahan, terutama di payudara mereka. Bagi mereka yang memilih untuk menyusui langsung, bertanya-tanya bagaimana cara memproduksi ASI atau kapan ASI biasa keluar. Pertanyaan-pertanyaan itu sangat normal, terutama bagi para ibu yang baru saja memulai perjalanan menyusui mereka.

 

Persiapan itu penting untuk menyusui. Di sini kami akan membahas tentang kolostrum pada ibu hamil, seperti ‘kapan air susu keluar?’ atau ‘kapan ASI keluar pertama kali?’. Seperti biasa, jangan segan untuk menghubungi dokter atau tenaga medis profesional apabila mempunyai pertanyaan-pertanyaan khusus.

Cara menyiapkan diri untuk menyusui

 

Mempersiapkan diri akan membantu para ibu tenang ketika air susu keluar pertama kali. Berikut adalah tips bagaimana ibu-ibu dapat mempersiapkan diri:
 

  • Membuat janji dengan dokter. Ini akan bermanfaat terutama untuk ibu-ibu yang mempunyai puting datar atau terbalik. Dokter akan memberikan saran apabila perlu beberapa modifikasi untuk memaksimalkan proses menyusui.

 

  • Buatlah target-target menyusui. Riset membuktikan bahwa target-target akan membantu ibu agar termotivasi untuk menyusui dengan teratur.

 

  • Ciptakan rencana menyusui. Seperti rencana kelahiran, rencana menyusui dapat membantu para orang tua mempersiapkan dukungan-dukungan dari orang-orang seperti dokter dan tenaga medis profesional lainnya. Sebagai contoh, mempelajari bagaimana pompa ASI bekerja dapat membantu para orang tua menciptakan jadwal menyusui yang teratur.

 

  • Siapkan ibu dan bayi untuk segera kontak kulit ke kulit. Kembangkan insting menyusui bayi dengan segera langsung kontak kulit ke kulit setelah kelahiran.

 

  • Persiapkan bagaimana kebutuhan menyusui dapat berubah selama bayi tumbuh. Pelajari lebih banyak tentang bagaimana bayi tumbuh dan kebutuhan menyusui yang berubah seiring dengan tumbuhnya si kecil.

 

Para ibu sebaiknya menciptakan sebuah kelompok dukungan yang akan membantu mereka dalam perjalanan menyusui. Apa saja kelompok dukungan itu? Bisa jadi sekelompok dokter atau tenaga medis  profesional, kelas-kelas prenatal, konsultan laktasi, dan juga aplikasi-aplikasi dan komunitas-komunitas online. Selain itu juga mendekati teman-teman atau anggota keluarga yang berpengalaman dalam menyusui.

 

Mempelajari bagaimana persiapan menyusui dan saling membagikan sumber bacaan dengan keluarga dan teman-teman dapat membantu para ibu dan pendukung terdekat seperti pasangan atau suami mereka merasa lebih percaya diri dan ikut berkontribusi.

Kapan ASI keluar ketika hamil?

 

Jadi, kapan ASI keluar pertama kali? Produksi ASI dimulai dari kehamilan seorang ibu. Dalam waktu menuju kelahiran, payudara-payudara sedang sibuk mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI dan biasanya para ibu ini sadar akan beberapa perubahan dalam payudara mereka, termasuk:

 

  • Payudara terasa sakit dan sangat sensitif
  • Pembesaran payudara
  • Puting membesar dan menggelap
  • Muncul benjolan-benjolan kecil di sekitar areola
  • Pembuluh darah yang menggelap pada payudara
  • Payudara mengeluarkan kolostrum
     

Bagaimanakah proses produksi ASI? Walaupun payudara memang tempat di mana ASI diproduksi, ada dua hormon penting yang bekerja keras untuk membuat susunya: prolaktin dan oksitosin. Prolaktin ini adalah hormon yang membuat susu dan aktif ketika puting atau areola terstimulasi. Hormon oksitosin adalah hormon yang mengeluarkan susu dan teraktivasi ketika bayi menghisap puting atau ketika ibu mendengar atau mencium bau bayi.
 

Selama proses kehamilan, ASI biasanya dibatasi oleh progesteron sampai ibunya melahirkan, di mana prolaktin mulai bekerja.

Kapan ASI keluar pertama kali setelah kelahiran?

 

Setelah mengetahui kapan ASI diproduksi, sekarang mari kita pelajari apa yang terjadi setelah kelahiran. 36 sampai dengan 72 jam pertama setelah kelahiran akan sangat memengaruhi persediaan ASI ibu, maka dari itu penting untuk para ibu untuk memanfaatkan waktu tersebut.
 

Para ibu sebaiknya mengstimulasi payudara mereka sesering mungkin setelah melahirkan entah dengan sering-sering menyusui atau menggunakan pompa payudara. Pompa ASI manual atau pompa listrik ini mempunyai bantalan pijat yang merangsang ASI keluar sehingga menghemat waktu dengan rasa nyaman. Memang keluarnya ASI itu perlu adaptasi, terutama pada ibu-ibu baru. Namun untuk menjaga puting agar tetap kering dan nyaman ketika tidur, para ibu juga bisa menggunakan bantalan payudara sekali pakai ini.

 

Kapan ASI keluar untuk pertama kali? Biasanya susu ibu akan segera keluar setelah melahirkan namun akan berubah dalam beberapa minggu setelahnya. Berikut adalah proses perubahan-perubahan ASI setelah kelahiran:  1

1. Kolostrum

 

Susu yang pertama kali keluar setelah melahirkan adalah kolostrum, sebuah zat yang tinggi protein, karbohidrat, dan antibodi. Untuk beberapa ibu, kolostrum bertekstur kental dan berwarna kekuning-kuningan sedangkan yang lain bisa lebih tipis dan bertekstur seperti air.
 

Kapan kolostrum pada ibu hamil itu keluar? Biasanya 24 jam setelah kelahiran. Ini adalah susu yang dikonsumsi bayi baru lahir selama beberapa hari pertama. Susu ini mengandung zat-zat yang dibutuhkan bayi baru lahir untuk bertahan dalam tahap awal hidup mereka.

2. Susu peralihan

 

Kalau kolostrum datangnya tepat setelah ibu melahirkan, namun kapan ASI keluar? Biasanya, para ibu akan melihat susu peralihan datang sekitar tiga sampai lima hari setelah melahirkan. Semua ibu berbeda-beda - mungkin ada sedikit perbedaan waktu dan itu biasa, namun apabila ada pertanyaan khusus jangan segan menghubungi dokter agar memastikan bayi mendapatkan semua nutrisi yang dia butuhkan.

 

Susu peralihan diproduksi di antara kolostrum dan ASI matang. Biasanya susu peralihan akan keluar sampai dengan dua minggu. Pada periode ini, warna susu akan terlihat lebih muda. Jenis susu ini juga mempunyai komponen-komponen imunologis atau daya tahan tubuh yang dibutuhkan bayi baru lahir.

3. ASI yang matang

 

Dalam dua minggu setelah melahirkan, ASI yang matang akan mulai keluar. Jenis susu ini biasanya diproduksi dengan jumlah yang besar, terutama apabila payudara sering dirangsang.

 

Kadar lemak dalam ASI yang matang bervariasi dan berubah sesuai dengan kebutuhan bayi pada enam bulan pertama. Biasanya untuk membuat persediaan ASI stabil, bayi perlu disusui langsung selama tiga sampai enam bulan. Setelah itu baru dapat bervariasi dengan botol.

Memang banyak pertanyaan dalam perjalanan menyusui bagi para ibu, namun persiapan adalah kunci! Dengan persiapan yang matang, para ibu dapat menikmati perjalanan menyusui yang lancar dan intim bersama si kecil.

Anda mungkin suka

  • Untuk Ibu Baru: Menyusui Bayi itu Sederhana

    Untuk Ibu Baru: Menyusui Bayi itu Sederhana

  • Cara Menyusui yang Benar untuk Melekatkan Bayi

    Cara Menyusui yang Benar untuk Melekatkan Bayi

  • Cara Memperbanyak ASI dan Tips Agar ASI Melimpah

    Cara Memperbanyak ASI dan Tips Agar ASI Melimpah

Philips Pregnancy+ App

Aplikasi gratis Pregnancy+

Ikuti setiap perkembangan yang dialami buah hati Anda mulai dari masa kehamilan hingga awal pertumbuhan. Proses kehamilan kini semakin informatif dan menyenangkan!
anakku.net - Kandungan ASI Dari Hari Ke Hari