1
Panduan orang tua

Beranda ›› Kehamilan: Makanan pantangan ibu hamil
Beranda ›› Kehamilan: Makanan pantangan ibu hamil 

Pantangan Ibu Hamil: Makanan Untuk Dihindari

 

Bacaan 5 menit

 

Tubuh Anda telah diciptakan sesempurna mungkin untuk mengandung bayi, namun mengonsumsi makanan yang sehat (dan menghindari beberapa makanan) akan menciptakan kondisi yang maksimal untuk Anda dan si kecil. Apa bedanya dari saran-saran biasa tentang makan makanan sehat? Hampir setiap wanita hamil berpikir tentang apa saja makanan pantangan ibu hamil, pantangan ibu hamil muda, dan diet untuk ibu hamil yang cocok.

 

Kami hadir di sini untuk Anda, namun ingat bahwa semua kehamilan berbeda dan saran kami bukan pengganti saran dokter. Tetaplah hubungi dokter Anda untuk hal-hal yang spesifik mengenai makanan.

Jenis makanan untuk ibu hamil yang dilarang

 

Sebenarnya makanan yang baik untuk wanita hamil mirip dengan pola makan sehat pada umumnya. Sebaiknya Anda makan teratur dan fokus mengonsumsi makanan yang minim pemrosesan di pabrik seperti sayur, buah, dan biji-bijian. Jangan lupa untuk menghindari makanan yang berkadar gula tinggi dan terlalu berminyak.
 

Demi kesehatan dan keselamatan kandungan, jangan mengonsumsi daging mentah, jeroan, ikan mentah, telur mentah, keju lunak, atau susu dan jus yang tidak dipasteurisasi. Berikut penjelasan seputar makanan-makanan yang menjadi pantangan ibu hamil 1:

 

Ikan dengan merkuri, ikan mentah, dan kerang-kerangan.

Jangan mengonsumsi ikan-ikan dengan merkuri tinggi seperti ikan gindara, ikan kakap chili, tuna sirip biru, ikan hiu, atau ikan todak. Kalau memang ingin, satu-satunya pengecualian adalah tuna kalengan dalam jumlah sedikit dan dimakan secukupnya.

Ikan mentah dalam kerang-kerangan juga merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena mungkin mengandung bakteri atau parasit. Sari laut yang diasap juga sebaiknya tidak dimakan sama sekali.

 

Keju lunak yang terbuat dari susu yang tidak dipasteuriasi

Keju lunak seperti feta, brie, atau camembert juga merupakan makanan pantangan ibu hamil. Karena terbuat dari susu mentah, keju-keju tersebut dapat mengandung bakteri listeria 2. Ingatlah untuk selalu mengecek kemasan apakah bahan susunya telah terpasteurisasi!

 

Susu dan jus yang tidak terpasteurisasi

Peraturan yang sama berlaku pada jus dan susu. Jus langsung dari buah-buahan segar atau jus yang belum terpasteuriasi dalam bentuk apa pun mungkin mengandung bakteri berbahaya seperti E.Coli, listeria, atau salmonela 3. Jadi pastikan Anda menghindarinya.

 

Telur mentah
Makanan-makanan yang mengandung telur mentah seperti adonan kue, telur rebus setengah matang, atau telur dadar setengah matang. Hati-hatilah juga terhadap makanan yang mengandung telur yang dimasak hanya sebentar atau kurang matang seperti saus, STMJ, minuman berbahan telur, atau es krim. Ketika Anda hamil, pastikan Anda hanya mengonsumsi telur yang matang dan terpasteurisasi.

 

Daging yang mentah atau setengah matang
Daging mentah atau setengah matang dapat mengandung listeria. Ambil langkah aman dengan menghindari daging-daging tersebut ketika hamil atau panaskan sampai berasap. Berhati-hatilah terhadap segala jenis produk turunan daging termasuk hati dan jeroan yang sebaiknya juga Anda hindari. Pastikan semua daging yang Anda konsumsi sudah dimasak hingga matang.

 

Kecambah mentah atau setengah matang
Kecambah alfalfa, lobak, semanggi, kacang, atau jenis lainnya yang mentah memiliki risiko menyebabkan penyakit, jadi masak hingga matang untuk mematikan bakteri 4. Sayur dan buah yang dilarang untuk ibu hamil termasuk produk yang belum dicuci, mentah, atau dalam kemasan dari toko.

Makanan yang sebaiknya dihindari ketika hamil

 

Walaupun tidak dilarang, beberapa makanan sebaiknya dikurangi atau dihindari ketika hamil untuk memastikan Anda sehat dan penuh tenaga:

 

Makanan berkadar gula, karbohidrat, dan lemak tinggi, serta makanan cepat saji

Walaupun belum ada kesepakatan secara ilmiah, manis-manisan, makanan cepat saji, dan makanan berkadar lemak tinggi biasanya masuk dalam daftar idaman ibu hamil. Bila Anda termasuk ibu yang biasa mengidam, coba cari opsi lain yang lebih sehat. Ingin makan kentang goreng? Coba goreng kentang tanpa minyak dengan Viva Collection Airfryer – sebuah alternatif agar Anda tetap bisa menikmati gorengan favorit dengan kandungan lemak lebih rendah hingga 90%*.

 

Kafein berlebihan

Selama hamil, pantangan-pantangan tidak terbatas pada makanan, namun juga dengan minuman.
 

World Health Organisation (WHO) menyarankan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi kafein lebih dari 300 mg per hari sebaiknya menguranginya untuk menurunkan risiko keguguran atau kekurangan berat badan pada bayi yang baru lahir 5.

Nutrisi yang sehat untuk ibu hamil

 

Waktu hamil merupakan waktu di mana Anda merasakan banyak pertumbuhan dan perkembangan fisiologis anak, maka Anda harus memastikan bahwa nutrisinya juga mendukung. Jangan segan meminta saran dokter untuk memastikan Anda mengonsumsi nutrisi-nutrisi yang cukup. Berikut tips pola makan sehat dan seimbang ketika hamil:
 

  • Makanlah biji-bijian seperti roti gandum dan pasta, serta sebaiknya mengonsumsi daging tanpa lemak. Cobalah makan ikan sebanyak 8-12 ons per minggu, namun ikannya harus yang rendah merkuri.
  • Pilih makanan dari lima kelompok ini: biji-bijian, buah-buahan, sayuran, makanan berprotein, dan produk susu. Setengah piring Anda sebaiknya berisi sayur-sayuran dan buah-buahan, dan sisanya biji-bijian.
  • Berbicaralah dengan dokter tentang kebutuhan nutrisi dan vitamin prenatal seperti zat besi dan asam folat. Ketika hamil, Anda membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral, dan sulit untuk mendapatkan semuanya hanya dari makanan.
  • Pilih lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda seperti minyak zaitun dan alpukat. Batasi lemak jenuh dan makanan 'kalori kosong' seperti permen atau minuman manis.

Yang Anda perlukan

Viva Collection

Airfryer

HD9623/10

Viva Collection Airfryer

HD9623/10
Philips Pregnancy+ App

Aplikasi gratis Pregnancy+

Ikuti setiap perkembangan yang dialami buah hati Anda mulai dari masa kehamilan hingga awal pertumbuhan. Proses kehamilan kini semakin informatif dan menyenangkan!

Anda mungkin suka

* Dibandingkan dengan kentang goreng yang dibuat dari alat penggorengan konvensional

1 Parenting Club - 9 Pantangan Makanan bagi Ibu Hamil

2 depkes.go.id - Mengenal Bakteri Listeria Monocytogenes

3 TEMPO.CO - Ibu Hamil, Perhatikan Nutrisi untuk Tumbuh Kembang Janinmu

4 republika.co.id - Ini Masalah Utama Keamanan Pangan

5 antaranews.com - Dokter: Ibu hamil boleh minum kopi, tetapi jangan berlebihan