1
Panduan orang tua

Beranda ›› Pelajari Cara Menyendawakan Bayi
Beranda ›› Pelajari Cara Menyendawakan Bayi  

Bagaimana Cara Menyendawakan Bayi


Bacaan 4 menit

 

Menyusui adalah waktu yang intim bersama bayi. Selain mendekatkan seorang ibu kepada bayinya, mempelajari segala seluk beluk menyusui apalagi bagi ibu-ibu baru akan banyak manfaatnya. Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah bagaimana cara menyendawakan bayi.
 

Membuat bayi yang baru lahir bersendawa bukan hal yang sederhana. Pasti ada cara membuat bayi bersendawa dengan mudah agar semua gas asam lambungnya keluar dengan baik. Artikel ini akan menulis tentang informasi-informasi yang akan berguna untuk bayi yang susah sendawa sekaligus tips-tips lainnya. Apabila ada pertanyaan khusus, jangan segan untuk menghubungi dokter atau tenaga medis profesional.

Mengapa bayi bersendawa?

 

Mengapa bayi perlu bersendawa? Ketika bayi sedang makan, mereka cenderung juga menelan udara. Bersendawa akan membantu mereka mengeluarkan gas-gas di perut mereka yang merupakan udara yang tertelan. Dengan ini, ibu-ibu dapat mencegah bayi dari meludah/gumoh, rewel, atau sakit perut. Sebaiknya sendawa pada bayi sering dilakukan agar ASI tidak kembali ke kerongkongan setelah menyusui.

Cara menyendawakan bayi

 

Setelah mengetahui mengapa bayi bersendawa itu penting, sekarang mari kita lihat cara membuat bayi bersendawa. Para orang tua perlu menangkupkan tangan mereka dan menepuk punggung bayi secara perlahan dan berulang-ulang sampai bayi bersendawa. Penting untuk menangkupkan tangan ketika menepuk karena tangan yang datar akan terasa lebih keras terhadap bayi.

 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyendawakan bayi? Setiap bayi berbeda-beda. Sendawa pada bayi akan keluar kira-kira beberapa menit setelah ditepuk. Untuk enam bulan pertama, badan bayi seharusnya ditegakkan 10 sampai dengan 15 menit setelah menyusui. Ini akan membantu ASI turun, namun orang tua tidak perlu khawatir apabila kadang bayi meludah atau gumoh – di situlah gunanya handuk bayi.

Berbagai macam cara menyendawakan bayi

 

Setiap bayi berbeda – ada bayi susah sendawa dan ada juga yang lancar. Berikut adalah beberapa cara sendawa bayi baru lahir: 1

1. Menegakkan posisi diri sembari menempelkan bayi dalam dada

 

Pada posisi ini, para orang tua sebaiknya meletakkan dagu bayi pada bahu mereka dan menyokong punggung mereka dengan satu tangan. Tangan satunya dapat menepuk punggung bayi secara perlahan-lahan. Posisi ini lebih baik dilakukan dalam kursi goyang atau sembari mengayunkan badan bayi.

2. Menegakkan bayi di atas pangkuan atau lutut

 

Dengan satu tangan, orang tua dapat menyangga punggung dan kepala bayi dengan memegang dagu bayi secara lembut sembari meletakkan telapak tangan di dada bayi. Sambil menopang dagu dan dada bayi secara lembut, mereka dapat menggunakan tangan yang satunya untuk menepuk punggung bayi. Namun, orang tua harus berhati-hati untuk tidak mencengkeram tenggorokan dan memegang dagu bayi dengan lembut.

3. Meletakkan bayi pada perutnya di pangkuan orang tua

 

Opsi lain adalah menidurkan bayi pada perutnya di pangkuan orang tua. Pastikan kepalanya lebih tinggi dari dada dan tepuk punggung bayi secara lembut agar dia bersendawa.

Tips sendawa pada bayi

 

Masih saja bayi susah sendawa setelah minum susu? Berikut adalah tips yang dapat memaksimalkan cara menyendawakan bayi:  2

 

  • Sendawakan bayi di antara sesi menyusui. Selain sendawa setelah disusui, orang tua dapat menyendawakan bayi ketika proses menyusui sedang berlangsung apabila bayi rewel. Ketika menyusui dengan botol, sendawakan bayi setiap dua sampai tiga ons susu. Untuk yang menyusui langsung, sendawakan bayi ketika sedang berganti payudara.

    Jangan lupa untuk menyendawakan bayi setelah menyusui selain ketika sedang disusui!
     
  • Sering-sering sendawakan bayi yang berasam lambung. Apabila bayi sakit perut seperti sering meludah atau mempunyai penyakit refluks gastroesofagus atau gastroesophageal reflux disease (GERD), cobalah membuat dia bersendawa setiap ons susu ketika disusui botol atau setiap lima menit ketika disusui langsung. 

    Penasaran bagaimana cara membuat bayi bersendawa kalau bayi tersebut mempunyai GERD? Setiap bayi berbeda namun apabila bayi baru lahir mempunyai GERD, mungkin akan memerlukan waktu lebih lama lagi untuk menyendawakannya. Tegakkan bayi selama 30 menit setelah disusui untuk menurunkan ASI.

 

  • Minimalisir jumlah udara yang ditelan bayi. Bayi sakit perut dan meludah/gumoh disebabkan karena bayi menelan udara ketika makan. Walaupun menelan udara tidak bisa dihindari, ada beberapa cara untuk mengurangi jumlah udara yang tertelan bayi.

    Entah bayi makan melalui penyusuan langsung atau dengan botol, botol berteknologi ventilasi Airflex dapat mengurangi jumlah udara yang bayi telan agar menekan jumlah kolik, gas, dan refluks. Selain itu, botol dengan empeng menyerupai puting alami dapat membiasakan bayi menempel secara pas ketika disusui secara langsung agar terhindar dari penelanan udara berlebih.

Saatnya mulai bersendawa

 

Menyusui merupakan momen intim bayi bersama orang tua mereka. Setiap bayi dan ibunya berbeda, maka dari itu mungkin kadang perlu waktu untuk menemukan cara terbaik untuk membuat bayi bersendawa.

Anda mungkin suka

Philips Pregnancy+ App

Aplikasi gratis Pregnancy+

Ikuti setiap perkembangan yang dialami buah hati Anda mulai dari masa kehamilan hingga awal pertumbuhan. Proses kehamilan kini semakin informatif dan menyenangkan!

alodokter.com - Pentingnya Sendawa bagi Bayi

honestdocs.id - Cara Menyendawakan Bayi Dengan 5 Metode Mudah